Mempersiapkan Dana Pernikahan Tanpa Perlu Berutang

Selasa, 20 Pebruari 2018



Semua orang tentu berharap untuk menikah sekali seumur hidup. Oleh sebab itu, tak heran bila setiap orang mendambakan pesta pernikahan yang berkesan dan dapat dikenang sepanjang masa. Apa pun bentuk dan tema pesta, hal paling penting yang patut diingat dalam menyelenggarakan pesta pernikahan adalah efisiensi dan efektivitas mengatur budget. Faktor-faktor yang perlu masuk dalam perencanaan pernikahan yaitu usia berapa ingin menikah, konsep pesta, jumlah undangan, gedung atau tempat penyelenggaraan pesta, serta jasa catering yang ingin digunakan.

Merencanakan pernikahan sebaiknya dilakukan secara teliti mengingat budget yang dikeluarkan tentunya tidak akan sedikit. Calon pengantin dan orangtua sebaiknya tidak tergoda untuk berutang demi mewujudkan pesta pernikahan yang mewah. Alangkah lebih bijaksana jika memulai kehidupan baru tanpa berutang. Pernikahan merupakan sebuah awal dari kehidupan baru. Masih banyak kebutuhan lain yang harus dipenuhi oleh pasangan nantinya setelah menikah.

Berikut beberapa tips mempersiapkan dana pernikahan:

  • Membuka rekening bersama dengan pasangan

Ini dapat dilakukan setelah tanggal pernikahan ditentukan. Dana yang ada di rekening ini sebaiknya digunakan untuk membiayai berbagai keperluan yang berhubungan dengan pernikahan. Dengan begitu tidak mengganggu anggaran rutin bulanan.

  • Perkirakan berapa besar biaya pernikahan yang dibutuhkan

Setelah mengetahui kisaran jumlahnya, putuskan cara apa yang akan dilakukan mengumpulkan uangnya. Selain menabung, pilihan lainnya yaitu dengan berinvestasi, misalnya dengan membeli logam mulia atau reksa dana. Saat memilih produk investasi, cari tahu apakah produk investasi tersebut dapat memenuhi tujuan keuangan Anda dan sesuai dengan jangka waktu tujuan Anda. Salah satu pilihan reksa dana yang bisa jadi pertimbangan adalah Sequis Asset Management. Seperti yang dikatakan Warren Buffet, “Investasi harus rasional, jika Anda tidak memahaminya jangan lakukan.” Cari tahu dan pelajari lebih dahulu mengenai reksa dana Sequis Asset Management di sini.

  • Siasati pengeluaran dengan melakukan penghematan di beberapa bagian

Misalnya, memilih menyelenggarakan pesta di rumah ketimbang menyewa ballroom di hotel. Selain itu, dapat juga meminta bantuan teman atau kerabat untuk merancang baju, merias pengantin, membuatkan desain undangan, membuat dokumentasi, menyiapkan catering, dan lain sebagainya.

  • Mengurus sendiri semua detail pesta pernikahan

Sebagian calon pengantin memilih menyewa jasa wedding organizer (WO) untuk merencanakan dan menyelenggarakan pesta agar mereka tidak kerepotan. Namun, biaya menyewa WO juga tidak sedikit. Daripada menyewa WO, kita dapat meminta bantuan teman dan kerabat untuk menjadi panitia pernikahan dan terlibat dalam mengatur semua keperluan pesta. Hal ini dapat memangkas biaya pesta secara signifikan.

Bagaimana dengan Anda yang saat ini sedang mempersiapkan pesta pernikahan, sudah merasa lebih siapkah setelah membaca tips-tips di atas?

Butuh bantuan ?