Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Efektif Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos

13 Agustus 2020



Menjadi ‘anak kos’ berarti harus melakukan segalanya seorang diri. Termasuk dalam mengatur keuangan bulanan. Tinggal jauh dari orang tua, menuntut anak kos bersikap lebih bijak, dewasa, dan bertanggung jawab. 

Nah sekarang yuk kita bahas bagaimana cara mengatur keuangan bulanan anak kos supaya enggak perlu kalang kabut karena kehabisan uang di tengah bulan.

1.    Buat anggaran bulanan
Buat daftar pengeluaran. Kewajiban seperti membayar sewa kos, beli token listrik dan air, dapat masuk ke dalam nomor urut paling atas. Diikuti dengan kebutuhan mandi, perawatan tubuh, cuci baju, dan tentu saja anggaran hiburan. 

2.    Jangan menunda pembayaran
Segera tunaikan kewajibanmu. Jangan biasakan menunda pembayaran. Menunda bisa berakibat fatal karena bisa saja uang untuk bayar kos habis terpakai untuk kebutuhan lain. 

3.    Berhemat
Salah satu cara berhemat adalah dengan masak dan menyiapkan bekal sendiri. Dengan begitu, uang yang biasanya digunakan untuk makan di luar dapat dialokasikan ke kebutuhan lain.

4.    Menabung
Anak kos juga harus pandai menabung. Setidaknya, tabungan kamu dapat digunakan untuk dana darurat. Dengan begitu, kamu tidak harus utang ke teman kantor atau kos ketika hal-hal tidak terduga datang.

5.    Mulai Berasuransi
Ingat, sakit bisa datang kapan saja. Jadi, ada baiknya kamu mulai menentukan asuransi yang paling tepat. Dengan begitu, gaji tidak akan ludes ketika harus dirawat di rumah sakit. 

Kamu bisa mempertimbangkan produk-produk kesehatan Sequis. Selain produk asuransi kesehatan, Sequis juga menyediakan produk investasi dan dana pensiun. Info selengkapnya silakan klik di sini.
 

Butuh bantuan ?