Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Wajib Coba! 3 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

13 Agustus 2020



Setiap keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depannya. Liburan, memiliki rumah dan mobil, punya dana pensiun, hingga melihat anak sekolah hingga jenjang tertinggi. Intinya, rencana tersebut memerlukan uang. Namun, mencari tambahan penghasilan bukan sesuatu yang mudah. Untuk itu, Anda membutuhkan beberapa cara untuk mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar. 

Saat ini, mungkin Anda kesulitan untuk menabung. Permasalahan bisa jadi karena pengelolaan keuangan yang belum tepat. Ada berbagai pos pengeluaran yang belum terdata, atau alokasi dananya terlalu minim di pos tertentu dan terlalu berlebihan di pos yang lain

1.    Buat Catatan Anggaran Bulanan
Tulis jumlah pendapatanmu setiap bulan dalam jumlah bersih. Artinya, pendapatan yang Anda terima tanpa ada potongan apapun. Lalu, tuliskan apa saja pengeluaran tetap rumah tangga setiap bulan, misal membayar listrik dan segala tagihan. 

Dengan membuat rencana anggaran, keuanganmu bisa lebih terpantau. Jangan lupa, catat setiap pengeluaran, sekecil apapun. Jadi, Anda akan tahu untuk apa uang ini dibelanjakan. 

2.    Jangan Lupakan Dana Darurat
Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan darurat. Biaya ini mungkin dibutuhkan untuk berbagai keperluan tak terduga, seperti mengganti lampu yang rusak, memperbaiki dispenser, biaya pengobatan, atau hal-hal yang tidak pernah kamu kira akan terjadi.

3.    Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Hal seperti ini tanpa sadar acapkali menjadi permasalahan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga. Prioritaskan membeli barang-barang yang sesuai kebutuhan. Caranya dengan membuat daftar barang belanjaan lalu lakukan evaluasi. Coret barang-barang yang sebetulnya tidak perlu dibeli. 

Dengan pengelolan keuangan yang tepat, bisa jadi Anda punya uang lebih untuk ditabung atau menempatkan pendapatan ke instrumen finansial lainnya. Misal, investasi dan asuransi,. Sequis menyediakan beragam produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu lagi untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant untuk menemukan pilihan proteksi dan investasi yang kamu butuhkan. Sequis Care (62-21) 2994 2929 atau care@sequislife.com siap membantu Anda. 

Butuh bantuan ?