Menjadi Pahlawan Finansial Bagi Keluarga

5 November 2021



Siapa yang tidak bangga disebut sebagai pahlawan? Kita perlu senantiasa menggaungkan kisah kepahlawanan para pejuang kita pada masa lampau dan menanamkan semangat kepahlawan pada setiap generasi agar mereka pun memiliki keinginan untuk berkontribusi dengan apa yang bisa mereka lakukan dan hasilkan untuk memajukan lingkungan dan bangsa. Jadi, untuk menjadi pahlawan tidak harus dengan berperang layaknya superhero di film.

Saat kita bermanfaat bagi lingkungan sekitar, kita sudah menjadi pahlawan bagi masyarakat sekeliling kita. Bayangkan, betapa indahnya jika dalam keberagaman ada persatuan, ketika ada bencana alam semua bergotong royong, ketika ada tetangga kesulitan tidak merasa sendiri karena Anda dan tetangga lainnya bisa diandalkan. Intinya, jika kehadiran kita membuat orang lain merasa senang, sikap hidup kita senantiasa terpuji, dan orang merasa bahwa kita bisa diandalkan maka disitulah kita sudah menjadi pahlawan. Cukup mudah kan?

Lalu, bagaimana menjadi pahlawan bagi keluarga? Saat kita sudah menyiapkan asuransi kesehatan dan jiwa untuk keluarga, kita pun sudah menjadi pahlawan. Jika keuangan keluarga terkelola dengan baik, semua anggota keluarga terutama pencari nafkah sudah terproteksi dengan asuransi jiwa dan kesehatan maka saat terjadi risiko tak terduga pada salah satu anggota keluarga, sebut saja sakit, kecelakaan, atau sampai meninggal dunia maka manfaat asuransi akan berguna untuk melindungi keuangan keluarga. 

Sakit atau meninggal dunia adalah risiko yang tidak diinginkan tapi tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, kita perlu melindungi kondisi keuangan dengan asuransi sehingga saat risiko datang, keuangan keluarga tetap terjaga sehingga keluarga masih dapat melanjutkan kehidupan dengan baik. 

Menjadi pahlawan finansial bagi keluarga tentu harus dipersiapkan sejak awal karena membutuhkan proses. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar finansial keluarga dapat terjaga dan Anda pun siap menjadi pahlawan.

•    Terbuka pada Pasangan

Segala hal soal keuangan dalam keluarga harus jelas dan saling terbuka. Berapa besaran penghasilan, bagaimana mengatur penghasilan tersebut, dan apa saja pengeluaran yang akan terjadi secara rutin, adakah keinginan pribadi yang kira-kira bisa dipenuhi atau harus ditunda, bagaimana cara membayar semua pengeluaran dan mempersiapkan tabungan masa depan adalah semua hal yang harus diungkapkan dan diskusikan secara cermat sejak awal.   
 
•    Lunasi Utang

Idealnya kita harus menghindari utang konsumtif atau kurangi keinginan belanja jika pendapatan tidak cukup. Sedangkan jika harus berutang, usahakan untuk hal produktif dan penting. Jika suatu hari Anda memiliki uang lebih, lunasi utang dan bunganya sehingga persentase penghasilan untuk persiapan masa depan dapat ditingkatkan.
 
•    Siapkan Dana Pendidikan Anak

Bagi Anda yang merencanakan untuk memiliki buah hati atau sedang membesarkan buah hati, perlu Anda ketahui bahwa biaya pendidikan tiap tahun akan selalu mengalami kenaikan. Sebab itu, siapkan dananya sejak jauh hari. Mulai dengan memperhitungkan anggaran dana pendidikan yang akan diperlukan lalu mencari instrumen yang tepat untuk mencapai dana pendidikan ini. Deposito, investasi reksa dana, atau asuransi Pendidikan bisa menjadi alternative instrument untuk menyiapkan dana Pendidikan ini.
 
•    Siapkan Proteksi

Proteksi kesehatan Anda agar saat terjadi risiko sakit atau kecelakaan maka Anda tidak perlu menggerus tabungan Anda untuk biaya perawatan di rumah sakit. Sehingga Anda bisa fokus pada proses penyembuhan dan posisi keuangan serta rencana masa depan Anda dan keluarga tetap terjaga.
 
Sequis siap membantu Anda untuk menjadi pahlawan bagi keluarga. Produk unggulan Sequis Q Smart Life New Gen Insurance akan memberikan perlindungan jiwa seumur hidup serta manfaat nilai tunai yang dijamin. Manfaat nilai tunai ini dapat dimanfaatkan saat Anda memasuki masa pensiun atau lanjut usia sehingga kesejahteraan keluarga tetap terjamin meskipun kelak tidak memiliki penghasilan. Sedangkan manfaat asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai warisan bagi anggota keluarga.

Jadilah pahlawan bagi keluarga dan selalu tanamkan jiwa kepahlawan yang sama dalam diri anak-anak Anda agar kelak mereka juga bisa menjadi pahlawan finansial untuk masa depan mereka yang lebih baik.

Butuh bantuan ?