Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cari Asuransi Kesehatan Murah buat Keluarga? Ini Tipsnya

20 Maret 2024



Salah satu usaha untuk memberikan perlindungan finansial akibat risiko kesehatan adalah memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan diperlukan untuk menyiasati biaya kesehatan di Indonesia yang terus naik tiap tahun. Bahkan, kenaikan harga biaya rumah sakit lebih tinggi ketimbang kenaikan upah pekerja.  

Ada beragam asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih. Bila bingung menentukan pilihan, silakan simak ulasan berikut ini: 

1.    Cari asuransi kesehatan murah untuk keluarga tapi dengan manfaat asuransi yang optimal
Sebelum menentukan produk, cari tahu ketentuan rawat inap asuransi kesehatan yang ingin dibeli. Ada produk asuransi kesehatan murah untuk keluarga yang menanggung biaya rawat inap sesuai tagihan (limit tahunan).Ada pula dengan uang pertanggungan/UP (limit harian). 

Hal yang patut diingat bila Anda membeli limit harian adalah Anda harus menanggung biaya lebih ketika biaya rumah sakit ternyata lebih tinggi dari UP yang ditanggung. 

2.    Bandingkan antara produk asuransi kesehatan
Untuk mencari asuransi kesehatan murah untuk keluarga yang tepat, Anda perlu juga membandingkan antara produk serta perhitungan kebutuhan Anda dan keluarga. Bila tidak memerlukan pengobatan di luar negeri, sebaiknya tidak memilih manfaat ini karena akan membuat preminya menjadi mahal. 

3.    Pilih asuransi kesehatan murni
Ada dua jenis asuransi yang bakal ditawarkan kepada Anda, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi unit link. Untuk asuransi kesehatan murni, Anda akan mendapatkan nilai perlindungan yang besar tetapi premi murah. Sedangkan untuk asuransi unit link, biasanya dana untuk untuk proteksi kesehatan lebih kecil karena alokasi dana dibagi dua, untuk manfaat asuransi dan investasi. 

4.    Perhatikan riwayat penyakit keluarga
Salah satu hal yang menjadi penentu Anda membeli asuransi kesehatan murah untuk keluarga yaitu perhatikan riwayat penyakit keluarga Anda. Cari tahu bila salah satu keluarga ada riwayat penyakit kritis atau tidak. Bila ternyata ada riwayat penyakit berat, silakan asuransi kesehatan untuk keluarga yang menanggung biaya perawatan dan pengobatan penyakit tersebut. 

5.    Pelajari polis dengan baik
Pelajari polis asuransi yang Anda terima. Sebagai nasabah, Anda mendapatkan free lok period, yaitu waktu untuk meneliti asuransi yang sudah dibeli. Bila manfaatnya ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, polis asuransi ini bisa Anda batalkan dalam waktu 14 hari sejak polis issued. 

6.    Miliki asuransi sejak muda
Memiliki asuransi sejak dini memiliki banyak manfaat. Salah satunya kesempatan mendapatkan asuransi dengan premi murah. Sebab, orang berusia muda dianggap masih minim risiko kesehatan/jiwa dibanding orang tua.

7.    Kenali sistem pembayarannya 
Sistem pembayaran asuransi terbagi menjadi dua, cashless dan reimbursement. Lebih baik pilih sistem cashless karena cara ini memudahkan Anda ketika proses administrasi di rumah sakit. Ketika terjadi risiko sakit, Anda hanya tinggal memberikan kartu kepesertaan asuransi untuk mendaftar dan membayar. Sedangkan proses reimbursement mengharuskan Anda bayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu lalu klaim biaya tersebut ke perusahaan asuransi. 

8.     Mengetahui rumah sakit rekanan
Pastikan Anda mengetahui bahwa perusahaan asuransi tempat Anda membeli asuransi kesehatan murah untuk keluarga memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Sehingga ketika suatu saat Anda akan menggunakan manfaat asuransinya, Anda bisa gunakan juga di kota lain. 

9.    Cari perusahaan asuransi yang kredibel
Sequis menyediakan berbagai produk asuransi untuk setiap tahap kehidupan nasabahnya seperti perlindungan jiwa dan kesehatan, investasi, pendidikan, dan dana pensiun. Informasi seputar ragam produk Sequis tersebut bisa dicari melalui www.sequis.co.id. Dan jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?