Over Budget Tiap Bulan? Yuk Lakukan Hal Ini!

10 Desember 2020



Pernah mengalami kehabisan uang saat pertengahan bulan? Bila pernah, berarti perencanaan keuangan Anda kurang tepat. Jadi, sudah saatnya melakukan perubahan. Mengatur rencana keuangan dengan baik bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya membuat Anda merdeka finansial pada masa depan.

1.    Alasan merencanakan keuangan 
Ingin merdeka finansial pada masa depan, menghindari over budget setiap bulan, ingin melunasi cicilan-cicilan menjadi beberapa keinginan yang bisa dicapai bila mengatur rencana keuangan secara tepat. Mengatur cash flow, menabung, dan berinvestasi merupakan sejumlah cara yang lazim dilakukan banyak orang.
 
2.    Evaluasi
Mengevaluasi kondisi keuangan pribadi adalah langkah lainnya dalam tahapan mengatur rencana keuangan. Catat setiap pengeluaran setiap bulan. Lalu, lakukan evaluasi. Sebab, bisa jadi barang-barang yang Anda beli tidak bersifat mendesak sehingga tidak perlu menghabiskan uang untuk membelinya kembali pada bulan berikutnya. 

3.    Cari informasi dari para ahli 
Belajar dari para pakar adalah langkah bijak untuk mengatur rencana keuangan. Caranya bisa dengan mengikuti seminar, membaca literasi perencanaan keuangan dari artikel dan jurnal. Cari tahu bagaimana cara pembagian penghasilan yang ideal. Lalu, coba terapkan di rencana keuangan Anda. 

4.    Gunakan alat bantu 
Coba buka ponsel pintar Anda dan cari aplikasi dengan kata kunci “money manager”. Akan muncul beragam jenis aplikasi yang bisa Anda pilih untuk membantu mengatur penggunaan uang dalam jangka waktu pendek, menengah, hingga panjang. 

Setelah Anda mencoba cara-cara mengatur rencana keuangan tersebut, tentunya Anda harus konsisten dalam menggunakannya. Jangan sampai ilmu yang telah didapat berlalu begitu saja tanpa dipraktikkan. Semoga berhasil!

Butuh bantuan ?