Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Seorang Pekerja Profesional

Kamis, 11 April 2019

Semakin sibuk dan padatnya aktivitas pekerjaan di zaman sekarang, sering kali membuat pekerja melupakan betapa pentingnya asuransi kesehatan. Meskipun sekarang kondisi tubuh sehat-sehat saja, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.
Bagaimana jika suatu hari Anda jatuh sakit? Tentunya akan menyulitkan Anda untuk beraktivitas seperti biasanya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan  perlindungan dalam bentuk asuransi yang dapat meng-cover biaya kesehatan Anda, yakni asuransi kesehatan.
Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memiliki manfaat penggantian biaya kesehatan jika pemegang polis (Tertanggung) memerlukan penanganan dan keperluan medis lain, baik karena sakit ataupun kecelakaan. Ini tentu diperlukan jika Anda adalah seorang pekerja.
Ada beberapa alasan utama mengapa Anda membutuhkan asuransi kesehatan, yakni:

  • Anda tidak perlu khawatir akan biaya rumah sakit ketika tiba-tiba kondisi kesehatan menurun, sakit, atau mengalami kecelakaan.
  • Memberikan perlindungan secara finansial ketika Anda perlu diperiksa, dirawat, atau memerlukan pengobatan secara intensif. Jadi Anda tidak perlu mencari pinjaman dana untuk kebutuhan medis saat kondisi finansial sedang tidak bagus.
  • Anda setidaknya dapat mengurangi biaya medis ketika tidak dapat menanggung secara penuh biaya medis tersebut;

Manfaat asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan memiliki beberapa manfaat yang sudah semestinya Anda ketahui, terutama untuk seorang pekerja, yakni: 
Pertama, melindungi Anda dan meng-cover biaya pengobatan di rumah sakit. Biaya kesehatan menjadi salah satu pengeluaran keluarga saat tiba-tiba Anda jatuh sakit dan harus mendapatkan perawatan baik rawat jalan maupun rawat inap. Asuransi kesehatan menjadi langkah awal bagi Anda untuk mengantisipasi risiko seperti ini.
Bayangkan jika Anda mengalami risiko kesehatan secara tak terduga. Banyak hal yang harus Anda pikirkan termasuk biaya rumah sakit yang tidak sedikit. Namun, semuanya akan terasa lebih ringan jika memiliki asuransi kesehatan. Mengingat sebagian besar biaya akan ditanggung oleh asuransi ini berdasarkan premi yang sudah dibayarkan setiap bulannya. 
Kedua, Anda dapat mengelola keuangan lebih baik. Di sinilah dibutuhkan kejelian dalam menentukan anggaran mana saja yang menjadi prioritas. Salah satu anggaran yang harus Anda prioritaskan adalah anggaran kesehatan. Namun kenyataannya, terkadang pengeluaran menjadi tidak terkontrol dan Anda pun lupa berapa besaran untuk anggaran kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan Anda lebih mudah dalam mengatur anggaran keuangan. Mengingat Anda harus menganggarkan berapa besaran premi yang harus dibayarkan. 

Jenis-jenis asuransi kesehatan dan klaimnya
Sebelum membeli asuransi kesehatan, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenisnya yang dibedakan menjadi tiga kategori berikut ini:  

  • Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan, dibedakan menjadi asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan.
  • Asuransi kesehatan berdasarkan biaya yang ditanggung, dibedakan menjadi asuransi yang memiliki tanggungan total (menanggung seluruh biaya keperluan medis) dan asuransi dengan tanggungan tinggi (menanggung biaya kebutuhan medis yang berjumlah besar).
  • Asuransi kesehatan berdasarkan (jumlah) orang yang ditanggung, yakni asuransi kesehatan personal atau individu serta asuransi kesehatan kumpulan (group health insurance).

Sedangkan, jenis klaim asuransi kesehatan yakni berupa cashless yang tidak memerlukan uang tunai dan berupa reimbursement yang harus ditanggung sendiri dahulu baru kemudian di-reimburse menjadi uang tunai.

Kriteria yang perlu dipertimbangkan agar mendapat asuransi kesehatan yang baik

  • Perusahaan asuransi yang terpercaya
  • Fasilitas Cashless
  • Jaringan rumah sakit yang luas
  • Premi asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Asuransi kesehatan murni atau tambahan
  • Memiliki manfaat rawat inap
  • Masa tunggu terhadap penyakit tertentu
  • Batas tahunan yang memadai atau besar

Sequis sebagai salah satu penyedia asuransi kesehatan di Indonesia juga memiliki produk-produk yang dapat Anda pertimbangkan sebagai seorang pekerja profesional. Kunjungi halaman asuransi kesehatan dari Sequis dengan klik di sini. Jika Anda ingin dipandu lebih detail oleh personal care Sequis, hubungi di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?