Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Yuk, Telusuri Perkembangan Industri Asuransi di Indonesia

30 September 2020



Perkembangan industri asuransi di Indonesia dari tahun ke tahun dapat dikaitkan dengan semakin beragamnya pilihan produk proteksi yang hadirdi Indonesia. Industri asuransi Indonesia saat ini tidak bisa dilepaskan dari sejarahnya di masa lalu. Dengan mempelajari sejarah tersebut, kita dapat memahami bahwa produk asuransi di Indonesiaterus mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu sehingga berjalannya industri asuransidapat berfungsi  semakin baikbagi para nasabah sebagai Tertanggung maupun perusahaan asuransi yang menjadi Penanggung.

Awal mula bisnis proteksi di Indonesia
Di Indonesia, konsep proteksi pertama kali dibawa pada masa kolonial Belanda. Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan hasil perkebunan dan rempah-rempah yang kemudian menjadi daya tarik bagi bangsa lain terutama Belanda. Kegiatan pengolahan pertanian dan perkebunan adalah aktivitas yang mengandung risiko seperti gagal panen atau kendala dalam proses pengapalan hingga pengantaran komoditas dari Indonesia hingga ke negeri Belanda. Untuk itulah pemerintah kolonial Belanda mendirikan perusahaan proteksi.

Sebuah perusahaan jaminan diberi nama Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij dan pertama kali beroperasi pada tahun 1843 jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Jenis proteksi ini digolongkan ke dalam proteksi kerugian khususnya untuk usaha-usaha yang bergerak di bidang perkebunan dan perdagangan.

Berbekal kesuksesan perusahaan proteksi yang pertama, dibangunlah sebuah perusahaan lain pada tahun 1853 dengan nama N.V. Assurantie Mij Nederlansche Lloyd yang disusul dengan Assurantie Mij Blom van der Aa dan Assurantie Mij Langeyeld Schroeder. Pada tahun 1916, N.V. Assurantie Mij Nederlansche Lloyd melebarkan sayapnya dengan menyediakan jasa pertanggungan dari insiden kebakaran dengan membangun anak perusahaan yaitu Indische Lloyd yang menjadi pelopor industri ganti rugi kebakaran di Indonesia.

Sejarah proteksi jiwa di Indonesia
Perkembangan asuransi di Indonesia dari tahun ke tahun tidak lepas dari perusahaan proteksi jiwa yang pertama kali ada di Indonesia dan didirikan pada tahun 1859 yaitu Nederlansche Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij atau disingkat NILMIJ. Perusahaan ini menginspirasianak bangsa untuk mendirikan perusahaan asuransijiwa dengan prinsip gotong-royong. Prinsip ini menjadi landasan untuk mendirikan usaha bersama yang pada saat itu dikenal dengan istilah onderling.

Setelah pasca kemerdekaan, banyak di antara perusahaan-perusahaan tersebut yang dinasionalisasi atau kepemilikannya diambil alih oleh negara. Selain pengambilalihan, di Indonesia juga mulai dirintis perusahaan-perusahaan baru yang bergerak di bidang proteksi aset maupun jiwa.

Proteksi pada masa kini
Proteksi modern dengan format yang lebih baik mulai bermunculan pada tahun 1980-an. Ciri dari perusahaan modern ini adalah fokus proteksi yang tidak hanya pada proteksi jiwa namun juga digabungkan dengan jenis-jenis proteksi yang lain. Tidak berhenti pada produk yang beragam, perusahaan tersebut juga mengkombinasikan produk proteksi dengan penanaman modal sehingga nasabah masa kini dapat melindungi dirinya sekaligus mendapatkan manfaat tambahan berupa unsur investasi.

Kini, masyarakat telah dimanjakan dengan adanya jasa proteksi dengan berbagai fungsi yang tidak hanya berhubungan dengan keselamatan diri namun juga perencanaan masa depan seperti proteksi pendidikan anak maupun proteksi dana pensiun. Demi mendukung keberlangsungan serta perkembangan asuransi di Indonesia dari tahun ke tahun maka pemerintah telah membentuk sebuah lembaga independen untuk menangani industri asuransidi Indonesia yaitu Otoritas Jasa Keuangan atau disingkat OJK. 

Pastikan jika Anda hendak memercayakan masa depan Anda melalui produk perlindungan asuransi, Anda memilih perusahaan yang sudah terdaftar di OJK. Sequis Life adalah perusahaan asuransi jiwa yang sudah berdiri di Indonesia sejak tahun 1984 yang dahulu lebih dikenal dengan nama Sewu New York Life, sebelum akhirnya mengakuisisi seluruh saham dan berubah nama menjadi Sequis Life (Sequis). Sequis adalah perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sequis adalah salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa dengan aset terbesar dan laba terbesar di tahun 2018. Temukan informasi selengkapnya di sequis.co.id.

Butuh bantuan ?