Persiapan Menjenguk Rekan atau Keluarga yang Sedang Sakit

Kamis, 31 Agustus 2017

Di akhir pekan, coba luangkan waktu yang ada untuk mengunjungi rekan atau sanak saudara yang sedang terbaring sakit. Ikuti beberapa persiapan berikut sebelum menjenguk mereka di rumah sakit:

-Kondisi badan kita harus fit

Saat berniat mengunjungi orang sakit, pastikan badan Anda dalam keadaan fit. Jika tidak fit, maka daya tahan tubuh kita sedang dalam kondisi yang lemah sehingga mudah terserang penyakit. Penyebaran virus di rumah sakit sangat cepat. Jangan paksakan diri jika badan Anda sendiri sedang dalam kondisi kurang sehat.

 

-Berkunjung pada saat jam besuk rumah sakit

Rumah sakit punya jadwal yang sibuk dan pasiennya juga harus menjalani serangkaian terapi dan pengobatan. Jangan memaksa berkunjung ketika si pasien sedang istirahat. Berkunjunglah pada saat jam besuk rumah sakit supaya tidak menggangu kenyamanan orang yang akan kita jenguk dan pasien lainnya di rumah sakit.

 

-Jangan berkunjung terlalu lama dan beramai-ramai

Berkunjung dalam waktu lama akan membuat si pasien kelelahan. Ketika pasien tampak kelelahan, segeralah pulang. Berkunjunglah selama 15 – 20 menit untuk menyapa, menanyakan kabar dan memberikan motivasi. Jangan beramai-ramai saat menjenguk karena akan membuat sirkulasi udara dalam kamar pasien menjadi pengap.

 

-Bawakan buah tangan

Bawakanlah buah tangan yang dapat membuat si pasien merasa terhibur atau sesuatu yang berguna untuk kebutuhan sehari-hari di rumah sakit. Anda dapat membawakan makanan favorit, buah-buahan, bunga, buku bacaan dan lain sebagainya.

 

-Jangan membawa anak kecil

Ada aturan rumah sakit yang tidak memperbolehkan membawa anak kecil di bawah 12 tahun saat menjenguk. Anak kecil di bawah 12 tahun mempunyai daya tahan tubuh yang tidak sekuat orang dewasa sehingga dikhawatirkan dapat terjadi infeksi nosokomial. Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang didapat dari rumah sakit, dimana dapat terjadi pada pekerja rumah sakit, pasien yang sedang dirawat, serta orang yang menjenguk.

 

-Doakan dan hibur

Ucapkanlah kata-kata motivasi untuk membantu menumbuhkan motivasinya untuk sembuh. Katakanlah sesuatu yang baik berupa doa dan hiburan. Ucapkan semoga lekas sembuh dan sehat kembali.

Butuh bantuan ?