Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ubah Pola Makan Demi Selamatkan Bumi

25 Maret 2021



Para ilmuwan memperkenalkan “diet planet sehat” yang bermanfaat untuk menjaga bumi agar terhindar dari bencana alam dan memastikan bahwa bahan makanan yang ada akan cukup untuk populasi penduduk yang terus meningkat. 

Diet planet dalam pengertian sederhana adalah pola makan yang menitikberatkan pada usaha untuk mengurangi produk hewani, seperti daging dan susu hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya. Orang yang menjalani diet planet juga akan membatasi tambahan gula dan sumber nabati yang mengandung pati atau tepung, seperti singkong dan ubi. Jika diet planet sehat dapat dilakukan maka akan meminimalisasi bahaya dari perubahan iklim, deforestasi, serta punahnya spesies tanaman dan hewan yang ada di bumi.

Diet ini dilatarbelakangi dari riset yang dilakukan oleh lembaga ilmiah Lancet yaitu EAT – Lancet Commission. Salah satu hal yang menjadi fokus dalam komisi ini adalah sistem diet sehat berkelanjutan yang dapat meminimalkan kerusakan pada planet bumi yang disebabkan oleh jumlah manusia yang diperkirakan akan meningkat hingga 10 miliar pada tahun 2050. Bila metode produksi bahan makanan massal yang saat ini berlangsung masih tetap terjadi di masa depan maka kerusakan bumi yang berat akan terjadi di masa depan karena jumlah kebutuhan pangan akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penghuni bumi. Karena alasan-alasan tersebut maka diet planet disusun sedemikian rupa. 

Meski demikian, bukan berarti sumber hewani dihilangkan sama sekali dalam diet planet. Sumber hewani sebaiknya tetap dikonsumsi, tetapi dalam jumlah lebih sedikit agar nutrisi yang didapat tetap seimbang dengan komposisi yang tepat. Diet planet yang dianjurkan adalah asupan kalori sebesar 2.500 kalori, jumlah ini adalah kebutuhan kalori masyarakat usia dewasa secara umum. Hal ini agar tidak terjadi ketimpangan antara kelompok malnutrisi vs overnutrisi. 

Diet planet dapat menjadi salah satu pilihan diet Anda untuk meraih hidup yang lebih sehat. Tak hanya dapat menjaga kesehatan dan mendapatkan tubuh lebih ideal, dengan diet planet Anda juga dapat membantu menjaga kelestarian bumi. Nah, di Earth Day tahun ini sudahkah Anda siap mengubah pola makan untuk membantu menjaga kelestarian bumi?

Butuh bantuan ?