Ritual Sehat Sebelum Tidur

Rabu, 20 Desember 2017

Bagi sebagian orang, bangun pagi untuk mulai beraktivitas seringkali terasa berat. Padahal rutinitas ini sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Mengapa bisa begitu? Di samping asupan nutrisi yang cukup serta kondisi mental yang bahagia, waktu tidur yang cukup adalah salah satu syarat yang tak kalah penting guna memiliki tubuh sehat, bugar, dan segar. William C. Dement, MD, PhD, pakar tidur dari Stanford University, menjelaskan, waktu tidur yang kurang dapat meninggikan risiko terkena berbagai penyakit, seperti hipertensi, diabetes, obesitas, depresi, serangan jantung, serta stroke. “Orang yang kurang tidur seperti memiliki hutang yang belum dibayar. Bila tidak dibayar juga, lama-kelamaan kesehatan tubuhnya akan menurun”, ujar Dement.

Selama beristirahat, tubuh tetap bekerja memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan organ kardiovaskuler, memperbaiki jaringan dan sel yang rusak, serta mengumpulkan energi. Waktu tidur yang cukup serta berkualitas tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, namun juga mental. Lamanya waktu istirahat di malam hari minimal delapan jam. Bila kuota itu sudah dipenuhi, namun saat bangun pagi badan terasa tidak segar dan tidak bersemangat, kemungkinan besar kualitas tidur yang baik belum tercapai.

Agar waktu tidur delapan jam menjadi berkualitas, lakukan sejumlah persiapan untuk dapat tidur nyenyak. Berbagai persiapan ini disebut ritual tidur. Menurut dr. Andreas Prasadja RSPGT, pakar tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta, ritual tidur penting dilakukan untuk menenangkan dan menyenangkan diri sebelum tidur. Lakukan ritual tidur 20-30 menit sebelum beristirahat. Ingin tidur nyenyak bebas stres sampai pagi?

Cobalah beberapa contoh ritual tidur berikut:

  • Menggosok gigi sebelum tidur. Kebiasaan ini telah diajarkan oleh orang tua sejak kita masih kecil. Setelah mempraktekkannya selama bertahun-tahun, tak heran bila aktivitas ini dapat menjadi pengantar tidur yang ampuh.
  • Minum susu hangat. Susu mengandung zat yang disebut trytophan, sejenis asam amino yang dapat merangsang rasa kantuk. Bagi sebagian orang, minum susu hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh rileks dan tidur pun lebih nyenyak.
  • Matikan semua gadget. Hindari membawa ponsel, tablet, atau laptop ke tempat tidur. Para pakar tidur sepakat mengatakan bahwa tindakan ini justru akan membuat pikiran terjaga dan semakin jauh dari kantuk.
  • Mandi air hangat. Selain membersihkan tubuh, mandi air hangat juga dapat melemaskan otot, serta membuat pikiran rileks. Saat berendam, ada baiknya jika menambahkan garam mandi atau essential oil beraroma lavender yang mempunyai efek menenangkan.

Ritual apa yang biasa Anda lakukan sebelum tidur?

Butuh bantuan ?