Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Rumus Menabung yang Benar Agar Sukses Mengumpulkan Uang

7 Agustus 2020



Menabung harus terencana agar proses mengumpulkan uang lebih mudah. Salah satu poin penting yang mesti direncanakan adalah durasi dalam menabung. Nantinya, durasi menentukan instrumen menabung yang bakal digunakan, misalnya lebih baik memanfaatkan reksa dana saham atau pasar uang. 

Untuk menentukan jangka waktu menabung, Anda perlu menetapkan tujuan menyimpan uang. Ada banyak kebutuhan yang bisa dijadikan tujuan, di antaranya modal menikah, dana membeli rumah, biaya sekolah anak, dan lain-lain.

Setelah itu, ketahui berapa jumlah uang yang diperlukan untuk mencapai target. Sebagai contoh, Anda ingin membeli rumah secara KPR dan memerlukan jumlah uang sebesar Rp50 juta sebagai Down Payment (DP). Lalu, tentukan dari pos mana uang yang akan ditabung. Bila dari gaji, usahakan tidak melebihi 20 persen dari total gaji bulanan. Misal gaji Anda Rp10 juta per bulan. Setelah mempertimbangkan berbagai pengeluaran rutin, biaya proteksi kesehatan, dan hiburan, gunakan tidak lebih dari 20% atau Rp2 juta untuk ditabung. Sisanya jika masih ada bisa dimasukkan ke dalam dana darurat. 

Nah, durasi menabung bisa Anda tentukan dengan cara membagi jumlah tujuan menabung dengan anggaran menabung per bulan. Jika mengacu ilustrasi di atas, Rp50 juta/ Rp2 juta = 25 bulan. Nah, artinya, lama menabung yang Anda butuhkan adalah 2 tahun 1 bulan untuk dapat mengumpulkan uang guna DP rumah idaman Anda.  

Bagaimana? Sangat mudah bukan menentukannya? Anda pun akan memiliki skema yang jelas terkait rencana menabung Anda. Bayangkan jika tidak ada perencanaan sama sekali, dapat dipastikan proses mengumpulkan uang akan terasa rumit dan tidak terarah. 

Menentukan Instrumen yang Sesuai dengan Durasi Menabung 
Tahukah Anda bahwa menyimpan uang tidak hanya dapat dilakukan di bank dengan cara membuat rekening tabungan? Ya, saat ini, ada beragam produk keuangan yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang sama: mengumpulkan uang untuk kebutuhan pada masa depan. Berbagai produk keuangan tersebut di antaranya: asuransi dan juga investasi. 

Dewasa ini, investasi banyak diminati oleh masyarakat dan kerap disebut sebagai metode menabung yang modern dan kekinian. Mengapa? Karena nilai uang yang disimpan berpotensi naik. Selain itu, produk ini juga aman terhadap ancaman inflasi. 

Contoh instrumen investasi yang dapat digunakan untuk tujuan jangka menengah, atau antara 1 hingga 3 tahun adalah reksa dana campuran. Sebagaimana namanya, dana yang disetorkan sebagai modal akan diinvestasikan ke saham, surat utang (obligasi), dan pasar uang (deposito). 

Sequis memiliki beragam jenis investasi reksa dana. Jika membutuhkan bantuan untuk menemukan produk keuangan yang tepat, Anda dapat menggunakan layanan solution finder dari Sequis di sini. Semoga bermanfaat.

Butuh bantuan ?