Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Serba-Serbi Asuransi Pendidikan yang Harus Anda Tahu

5 September 2018



Pendidikan merupakan salah satu investasi yang dapat menjadi bekal terbaik untuk masa depan anak-anak Anda. Untuk itu, merencanakan dana pendidikan jadi pertimbangan penting di samping kebutuhan hidup lainnya. Terlebih, rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10%-20% dalam satu tahun (Data BPS & ZAP Finance). Dengan demikian, dalam merencanakan masa depan, asuransi pendidikan anak wajib dimasukkan daftar perencanaan.
Lalu, apa saja yang harus Anda pahami tentang asuransi pendidikan?

  • Produk asuransi gabungan

Perlu diketahui bahwa sebenarnya asuransi pendidikan merupakan salah satu produk asuransi gabungan antara produk asuransi jiwa berjangka (term life) dengan investasi atau tabungan. Jika menggunakan asuransi pendidikan anak, perusahaan asuransi selaku penanggung akan mengganti Uang Pertanggungan jika Anda meninggal dunia sementara dana tahapan terjamin akan tetap dibayarkan agar anak bisa menyelesaikan pendidikannya.

Sebaiknya Anda memilih program asuransi pendidikan dengan fitur pembebasan premi atau ditabungkan sampai anak lulus kuliah apabila terjadi risiko pada pencari nafkah utama. Hal ini berfungsi mencegah terjadinya risiko bahwa biaya pendidikan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi hanya pada jenjang pendidikan tertentu.

  • Potensi pengembangan dana lebih maksimal

Jenis asuransi pendidikan yang sering digunakan adalah asuransi unit link. Melalui asuransi pendidikan, premi yang Anda bayarkan akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi dalam bentuk lain yang kemudian akan diolah oleh Perusahaan Manajer Investasi. Umumnya, instrumen yang digunakan berupa ekuitas, obligasi, hingga pasar saham.

Tentu saja, hasil keuntungan yang diperoleh dari instrumen investasi tersebut akan digunakan untuk mendanai biaya asuransi serta biaya lainnya, dan selisihnya menjadi milik pihak Tertanggung yang akan dicairkan dalam bentuk dana pendidikan. Namun demikian, jika pasar investasi anjlok, maka Anda akan diharuskan untuk menanggung tambahan dana karena hasil investasi tidak mampu menutupi biaya asuransi. Jika dana pada investasi tidak mencukupi untuk membayar premi asuransi maka dalam beberapa waktu lamanya masa perlindungan asuransi bisa berakhir. 

  • Biaya premi yang harus dibayarkan

Hal terpenting yang seharusnya Anda pahami terkait dengan asuransi pendidikan tentu adalah biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya. Pastikan saat memilih asuransi pendidikan anak, Anda juga sebaiknya menyesuaikan biaya premi dengan kebutuhan dan kondisi keuangan secara pribadi. Jika memang berencana menyekolahkan anak ke luar negeri, sebaiknya gunakan program beasiswa jangka panjang dengan mata uang Dolar AS (USD).

Di Sequis Anda bisa memilih asuransi pendidikan Sequis Global EduPlan Insurance. Program ini memberikan fleksibilitas masa asuransi dan Uang Pertanggungan sesuai plan yang dipilih. Asuransi pendidikan ini juga memiliki nilai tunai dalam masa perlindungan. Sedangkan pilihan metode pembayaran premi dapat dipilih secara tahunan, semesteran, kuartalan dan bulanan. 

Perlu diingat bahwa program asuransi pendidikan anak ini membutuhkan komitmen jangka panjang. Jangan sampai Anda berubah pikiran, apalagi berhenti membayar premi di tengah jalan karena justru bisa merugikan diri sendiri. Untuk itu, sebaiknya Anda mempelajari polis asuransi secara cermat dan teliti agar tidak muncul kesalahpahaman di kemudian hari. Jangan ragu untuk menanyakan segala sesuatu terkait program asuransi kepada perusahaan asuransi.

Bersama asuransi Sequis, segala pertanyaan Anda tentang serba-serbi asuransi pendidikan akan terjawab dengan baik oleh Sequis Personal Assistant via live chat yang siap melayani Anda. Anda juga dapat memperoleh informasi selengkapnya akan produk ini dengan mengklik di sini. Selain itu Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Hidup akan selalu punya kejutan, oleh karena itu miliki perlindungan asuransi sejak dini. Plan The Unplanned with Sequis! 

Butuh bantuan ?