Sudahkah Anda Menginformasikan Polis Asuransi Anda Pada Keluarga Terkasih?

Senin, 11 Pebruari 2019

Sebagai pengacara yang sukses, Ronald menyadari perencanaan keuangan penting untuk dilakukan sejak dini. Untuk itu Ia membeli dua polis asuransi jiwa dengan Uang Pertanggungan (UP) masing-masing sebesar Rp1 miliar. Uang Pertanggungan yang besar ini, Ia siapkan sebagai warisan bagi dua buah hatinya di masa depan. Karirnya yang terus menanjak membuat Ronald tenggelam dalam kesibukannya sekaligus mengalihkan kesedihan setelah istrinya meninggal awal tahun lalu. Ia pun sering melakukan perjalanan bisnis dan menganggap itu menjadi kebiasaan berulang saja. Namun, ajal tak dapat ditolak, pesawat yang Ia tumpangi mengalami kecelakaan naas dan seluruh penumpang pun tewas termasuk Ronald. 

Duka mendalam dialami keluarganya apalagi kedua anaknya yang masih duduk di bangku SD. Sehari-hari mereka hanya dirawat oleh kakek neneknya yang sudah pensiun. Mereka berpikir keras bagaimana nasib kedua cucunya karena tidak cukup hanya mengandalkan gaji pensiunan. Terpikirkan untuk menjual rumah peninggalan Ronald dengan harapan mendapatkan harga tinggi. Namun, menjual rumah tentu butuh waktu sedangkan biaya kehidupan seperti makan, transportasi, uang sekolah, dan biaya lainnya tidak dapat ditunda. Saat membereskan barang-barang peninggalan Ronald mereka terkejut menemukan buku polis dengan pertanggungan masih aktif yang ternyata memiliki uang santunan kematian yang dapat digunakan untuk membiayai kehidupan orang tuanya dan anak-anaknya bahkan untuk melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi.  

-o0o-

Cerita di atas hanya sebuah contoh kisah kehidupan yang mungkin terjadi dan bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang tua yang membeli polis asuransi jiwa tetapi merahasiakannya sedemikian rupa sehingga Ahli Waris tidak bisa segera menikmati manfaatnya. 
 
Tahukah Anda bahwa polis asuransi jiwa yang Anda miliki sangat berharga karena dapat menjadi warisan bagi buah hati tercinta untuk mewujudkan hari esok mereka yang lebih baik jika suatu saat terjadi risiko keuangan akibat dari  meninggal dunianya pencari nafkah. 

Namun, manfaat di atas tidak bisa tercapai jika mereka tidak mengetahui bahwa Anda telah menyiapkan sejumlah dana yang kelak dapat dimanfaatkan. Tentunya, kita berharap kelak mereka tidak merasa kesulitan walaupun kehilangan sandaran kehidupan. Oleh sebab itu, adalah sebuah langkah bijak jika setelah Anda memiliki polis asuransi, Anda membagi informasi kepemilikan polis asuransi Anda kepada keluarga tercinta.  

Siapakah yang bisa mengetahui informasi seputar polis asuransi? Tentunya, keluarga inti yaitu istri atau suami dan anak sebagai Ahli Waris dan/atau orang tua atau saudara kandung (jika usia anak-anak masih terlalu muda). Jika karena satu dan lain hal sehingga tidak memungkinkan bagi Anda untuk membagikan informasi tersebut kepada pasangan maka Anda dapat memanfaatkan jasa Balai Harta Peninggalan (BHP) ataupun notaris untuk keperluan wasiat. 

Apa saja yang perlu diketahui Ahli Waris terkait buku polis? Ahli Waris perlu mengetahui beberapa hal penting terkait buku polis dengan tujuan agar bisa melakukan pengurusan yang diperlukan untuk menerima manfaat asuransi. Beberapa hal penting yang perlu diketahui Ahli Waris adalah: polis asuransi dibeli dari perusahaan apa, di mana buku polis disimpan, nomor polis asuransi, dan nomor telepon agen asuransi yang dikenal orang tua (Tertanggung). 

Untuk memudahkan Ahli Waris dalam mencari buku polis, simpan buku polis Anda dengan baik tetapi idealnya pemilihan tempat penyimpanan yang mudah dijangkau dan aman dari musibah kebakaran atau banjir, simpan nomor polis dalam smartphone atau organizer atau di tempat yang mudah ditemukan oleh Ahli Waris pada kondisi darurat. Jika Anda memiliki kartu asuransi kesehatan cashless, selalu bawa kemanapun Anda pergi. 

Pastikan Anda memahami dan mengerti isi polis, bacalah setiap pasal yang tertera dalam buku polis dengan teliti. Jika ada yang kurang jelas Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau e-mail ke: care@sequislife.com

Mulai dengan menduplikat buku polis dan minta keluarga  Anda menyimpannya.  Anda pun dapat berbagi informasi dengan cara yang mudah yaitu catat nomor polis dan kontak Service Center Sequis. Kami siap membantu anggota keluarga yang ingin mencairkan klaim asuransi.

Mengingat dalam hidup akan selalu ada risiko yang tidak terduga maka segeralah informasikan polis Anda pada keluarga karena informasi tersebut akan sangat berguna bagi masa depan mereka. 

Sequis – Your Better Tomorrow 
Jika ada yang tidak Anda pahami atau ingin ditanyakan, hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau e-mail ke: care@sequislife.com pada hari kerja pukul 08.15–17.00 WIB. Anda juga bisa mengunjungi National Service Center (NSC) yang ada di Jakarta atau Regional Service Center Sequis (RSC) di Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Denpasar. Kami dengan senang hati akan membantu kebutuhan Anda.

Baca Artikel Terkait

Tidak ada artikel terkait

Butuh bantuan ?