Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tertarik Soal Asuransi? Begini Caranya Memilih Asuransi Jiwa

7 September 2018



Hidup memang penuh dengan risiko. Namun, tidak ada yang tahu kapan risiko tersebut akan menghampiri Anda dan dalam bentuk apa risiko itu datang. Oleh sebab itu, asuransi jiwa sangatlah diperlukan. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda bisa meminimalisir terjadinya gangguan finansial akibat risiko meninggal dunia. Nah, agar bisa mendapatkan asuransi jiwa yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa tips untuk diperhatikan.

  • Tentukan jumlah Uang Pertanggungan yang dibutuhkan

Uang Pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan diberikan pihak asuransi kepada pihak Tertanggung atau Ahli Waris (jika Tertanggung meninggal dunia). Nah, masih banyak orang yang asal memilih asuransi jiwa tanpa benar-benar mempertimbangkan kebutuhan Uang Pertanggungan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kebutuhan Uang Pertanggungan setiap orang. Beberapa di antaranya seperti jumlah anggota keluarga yang ditanggung, nafkah minimal yang dibutuhkan keluarga per bulan, hingga biaya kehidupan yang dibutuhkan sampai anak-anak Anda bisa mandiri. Hal-hal tersebutlah yang harus Anda pikirkan benar-benar. Jangan sampai Uang Pertanggungan yang Anda terima dari asuransi jiwa tidak bisa menutup kebutuhan keluarga jika nanti Anda meninggal dunia.

  • Perhatikan premi yang harus dibayar

Agar bisa menerima Uang Pertanggungan, Anda diharuskan untuk membayar premi. Nah, jika ingin mendapatkan Uang Pertanggungan yang maksimal tetapi dengan nilai premi minimal, sebaiknya jangan memilih asuransi jiwa yang tergabung dengan produk investasi. Itulah mengapa penting digarisbawahi bahwa asuransi jiwa bukanlah investasi. Memiliki asuransi jiwa artinya Anda menyisihkan sejumlah biaya per bulan untuk membeli proteksi.

Karenanya, saat memilih asuransi jiwa, coba bandingkan antara premi yang harus dibayar dengan jumlah Uang Pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Anda perlu menyesuaikan premi tersebut dengan kemampuan finansial Anda. Pastikan Anda bisa membayar premi selama jangka waktu yang ditentukan. Jangan sampai di tengah jalan nanti Anda kesusahan membayar premi sampai terlambat sehingga pihak asuransi terpaksa menghentikan proteksi jiwa Anda. 

  • Rajin melakukan riset

Inilah kunci utama agar Anda bisa mendapatkan asuransi jiwa yang tepat. Rajin-rajinlah melakukan riset, mulai dari browsing dari satu situs perusahaan asuransi ke situs yang lain, membaca pengalaman orang di blog, hingga bertanya kepada para kenalan yang sudah lebih dulu menggunakan asuransi jiwa.

Dari situ, Anda bisa membandingkan antara satu produk asuransi jiwa dan lainnya, mulai dari premi, ketentuan klaim, jangka waktu, dan sebagainya. Cek pula track record perusahaan asuransi jiwa, pastikan bahwa perusahaan tersebut memang sudah berpengalaman dan memiliki kekuatan finansial, bisa dilihat dari MMBR (Modal Minimum Berbasis Risiko) yang sebaiknya lebih dari 120%. Biasanya, semakin lama suatu perusahaan asuransi berdiri, maka kualitasnya semakin baik karena sudah memiliki banyak pengalaman.

  • Pertimbangkan pelayanan perusahaan asuransi

Saat memilih asuransi jiwa, jangan hanya terpaku pada produk dan manfaat yang ditawarkan. Pertimbangkan pula pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Cari tahu apakah perusahaan asuransi memberikan layanan yang baik sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan jelas dan lengkap.

Cari tahu juga prosedur klaim asuransi, termasuk syarat yang harus Anda penuhi. Jika memungkinkan, bertanyalah kepada orang-orang yang sudah menggunakan asuransi jiwa lebih dulu untuk memastikan pelayanan yang mereka dapat.

Itulah beberapa tips yang sebaiknya Anda terapkan saat memilih asuransi jiwa. Sequis sebagai salah satu penyedia produk-produk asuransi jiwa juga bisa Anda pertimbangkan dengan tetap mengacu pada tips-tips di atas.  Melalui Sequis Anda juga bisa memilih berbagai jenis produk asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Untuk memperoleh gambaran lebih detail Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com, atau kunjungi www.sequis.co.id. Hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis! 
 

Butuh bantuan ?