Ini Tips Memilih Asuransi Pendidikan dengan Cermat

16 September 2020



Ada banyak tips memilih asuransi pendidikan yang bisa menjadi referensi buat Anda untuk merencanakan biaya pendidikan anak. Sebagai panduan buat Anda sebelum memilih produk, ada baiknya mencermati beberapa hal berikut ini:

Evaluasi perencanaan keuangan keluarga
Sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan, ada baiknya Anda melakukan evaluasi perencanaan keuangan keluarga. Jangan jadikan perencanaan keuangan saat masih single sebagai patokan. Sebab, perencanaan keuangan ketika sudah berkeluarga bisa sangat berbeda. Bahkan, perencanaan keuangan ketika sudah punya anak berbeda saat masih berstatus pasangan baru menikah.

Buat Rencana Pendidikan Anak
Rencanakan mau sejauh mana jenjang pendidikan yang akan ditempuh anak Anda. Selain itu, sebaiknya Anda sudah punya rencana di sekolah mana Anak akan mengenyam pendidikan. Rencana itu menjadi panduan bagi Anda untuk menentukan asuransi pendidikan yang tepat dan biaya pendidikan yang diperlukan. Rencana pendidikan berisi jenjang pendidikan anak, dari pendidikan dasar, menengah, hingga lanjutan.

Cari Tahu Perusahaan Asuransi Tepercaya
Jangan asal memilih perusahaan asuransi. Jangan pula memilih perusahaan asuransi tertentu karena alasan ikut-ikutan teman. Untuk memilih perusahaan asuransi yang baik, Anda harus memerhatikan kekuatan keuangan perusahaan yang akan dipilih. Kekuatan aset dan liabilitas biasanya bisa ditemukan di laporana neraca keuangan yang diunggah perusahaan di situs resmi. Ada pula di pemberitaan media. Kualitas tenaga kerja bisa dilihat dari testimoni-testimoni nasabah yang bertebaran di dunia maya. 

Usahakan pula memilih perusahaan asuransi yang punya rekam jejak baik dan tidak pernah melakukan kesalahan dalam skala besar. Jangan sungkan bertanya kepada kerabat, teman, serta agen secara detil mengenai perusahaan dan kelebihan serta kekurangan produk yang sudah diminati.

Pilih Polis yang Sesuai Kebutuhan
Dalam praktiknya, uang pertanggungan (UP) asuransi pendidikan baru bisa digunakan setelah anak mencapai usia tertentu atau pada saat masuk sekolah dan naik tingkat ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi, ada baiknya anda survei terlebih dahulu biaya masuk sekolah yang dituju mulai dari SD, SMP, dan SMA. Lalu hitung pula kenaikan biaya pendidikan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk serta premi yang sesuai. Dengan kalkulasi secara tepat, Anda bisa terhindar dari  kekurangan biaya pendidikan setelah melakukan klaim pada masa depan.

Selain itu, bila berencana menyekolahkan anak di luar negeri, Anda bisa memilih produk dengan pembayaran premi dengan mata mata uang asing seperti Dollar atau Euro. 

Sudahkah Anda menyediakan jaminan pendidikan untuk buah hati? Jika belum, cek produk asuransi pendidikan Sequis di sini. Anda dapat berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant untuk menemukan pilihan produk yang paling tepat.

Butuh bantuan ?