Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Menghitung Uang Pertanggungan dalam Asuransi

22 September 2020



Uang pertanggungan asuransi adalah salah satu faktor yang menentukan besarnya premi yang harus dibayarkan oleh seorang nasabahasuransi. Dalam mengatur keuangan, salah satu hal yang perlu Anda pikirkan adalah seberapa besar alokasi dana yang bisa dianggarkan tiap bulannya sebagai dana dan biaya untuk proteksidarurat. 

Dana darurat idealnya disimpan dengan jumlah yang semakin meningkattiap tahunnya seiring dengan semakin naiknya biaya hidup. Namun yang juga tidak boleh luput dari perhitungan adalah besarnya dana darurat ini setidaknya tiga kali dari biaya hidup Anda dan keluarga tiap bulannya.

Dana darurat ini memiliki fungsi sebagai dana talangan yang bisa Anda gunakan dalam keadaan yang mendesak khususnya bagi Anda yang memiliki likuiditas yang terbatas. Sejumlah uang yang perlu dikeluarkan secara tiba-tiba misalnya untuk memperbaiki kendaraan yang rusak berat mungkin tidak bisa begitu saja Anda dapatkan tanpa adanya dana darurat. Di sinilah peran dari dana darurat tersebut. Setelah terpakai, pastikan Anda dapat mengembalikan jumlah uang tersebut agar tidak ada pengurangan dana darurat.

Selain dana darurat, kondisi yang mendesak juga sering kali membuat Anda harus memikirkan adanya dana proteksi bila sewaktu-waktu terjadi risiko tak terduga. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa peran dari jasa asurasni sangat penting karena Anda tidak akan pernah tahu pasti kapan Anda akan membutuhkannya. 

Anggota keluarga yang harus didukung
Jumlah anggota keluarga yang didukung adalah salah satu pertimbangan untuk merencanakan pembelian produk perlindungan. Jumlah anggota keluarga yang besar biasanya akan berdampak padabesaranbiaya premiyang berbeda-beda tergantung dari jumlah nominal pertanggungan yang diinginkan. 

Semakin banyak anggota keluarga yang didaftarkan, semakin besar premibulanan yang harus dibayarkan. Selain itu, Anda juga harus melihat besaran nominal uang pertanggungan yang diberikan pada tiap anggota keluarga jika dilakukan klaim pertanggungan.

Beberapa orang mungkin akan menganggap bahwa besaran premi cukup menyita porsi keuangan bulanan mereka. Namun perlu disadari bahwa besarnya manfaat yang didapatkan juga harus dipertimbangkan. Manfaat dari memiliki produk asuransi kelakbisa lebih besar dari jumlah ganti rugi yang harus Anda bayar tanpa menggunakan jasa pertanggungan.

Human life value
Uang pertanggungan asuransi dalam perasuransian dapat dihitung berdasarkan human life value, sebuah istilah yang mengacu pada hitungan pendapatan nasabah tiap bulannya yang dikalikan dengan jangka waktu kepemilikian produk asuransiuntuk mereduksi risiko masa depan. Metode ini sangat lazim digunakan dalam perhitungan proteksi jiwa. Dengan metode perhitungan tersebut, Anda dapatmemperkirakan besaran uang pertanggungan yang ideal. 

Cara ini juga lazimnya bisa Anda gunakan dalam hal menabung dimana Anda harus memiliki kedisplinan tinggi untuk berkomitmen dalam memenuhi jumlah ideal tersebut. Jika Anda sering melewatkan untuk menyisihkan uang tabungan, maka Anda dapat menggunakan jasa proteksi sehingga Anda lebih bersemangat dalam membayar premikarena sifatnya yang wajib mengharuskan Anda untuk terus berkontribusi tiap bulannya.

Financial needs based value 
Uang pertanggungan dengan metode ini dihitung dengan mengalikan jumlah kebutuhan Anda saat ini dengan angka 150%. Metode ini dapat dipadukan dengan penanaman modal melalui produk unit link sehingga jumlah pertanggungan yang Anda terima akan berpeluang mengalami peningkatan. Penggunaan produk ini harus disesuaikan dengan budget bulanan Anda yang proporsional.

Berdasarkan keterangan tersebut, uang pertanggungan asuransi dalam perasuransian dapat diasumsikan sebagai biaya hidup masa depan yang ideal Anda terima untuk mempertahankan gaya hidup yang Anda pilih. Dengan mengetahui metode perhitungan tersebut, Anda dapat membuat perkiraaan hitungan uang pertanggungan sendiri dan kemudian mengomunikasikan hasilnya dengan tenaga pemasar perusahaan asuransi yang Anda pilihuntuk mendapatkan saran keuangan jangka panjang. Sequis menyediakan layanan konsultasi perlindungan dengan Sequis Personal Assistant melalui live chat di sequis.co.id.

Butuh bantuan ?