Yuk, Telusuri Lebih Dalam Makna dari Manajemen Investasi

Jumat, 27 Juli 2018

Ketika Anda mendengar kata manajemen investasi, apa yang ada di benak Anda? Pengertian manajemen investasi adalah manajemen profesional dalam mengelola beragam surat–surat berharga yang dimiliki oleh para investor seperti saham, obligasi, serta surat–surat lainnya yang menjadi aset dalam melakukan investasi. Para investor ini dapat berasal dari berbagai kalangan misalnya perusahaan asuransi, perusahaan pengelola dana pensiun, dan perusahaan jasa keuangan lainnya atau bahkan bisa juga investor ini berdiri secara perorangan.

Salah satu wadah pengelolaan dana atau modal bagi para investor untuk melakukan investasi salah satunya adalah dengan  berinvestasi di reksa dana. Reksa dana merupakan instrumen investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Reksa dana dikelola oleh manajer investasi (MI). Tugas manajer investasi adalah mengelola beragam portofolio investasi seperti saham, obligasi, pasar uang dan bentuk investasi lainnya.

Pihak manajer investasi itu harus mampu merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang nantinya dibukukan dalam Nilai Aktiva Bersih (NAB).  Kemudian kekayaan reksa dana yang telah dikelola oleh manajer investasi dengan baik diwajibkan untuk disimpan secara terpisah pada bank kustodian yang tidak berafiliasi dengan manajer investasi.

Salah satu perusahaan yang menawarkan investasi reksa dana di Indonesia yaitu Sequis Asset Management (SAM), yang menawarkan beragam produk reksa dana yang bisa Anda pilih sebagai langkah awal dalam melakukan investasi. Untuk mengakses informasi lebih lengkap tentang produk-produk Sequis Asset Management dapat Anda akses halamannya di www.sequisam.co.id atau mengirimkan email ke care@sequisam.co.id.

Butuh bantuan ?