Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

3 Alasan Pasangan Suami-Istri Harus Punya Asuransi Kesehatan

29 Pebruari 2024



Banyak tantangan yang harus dihadapi pasangan suami istri ketika membangun sebuah keluarga. Mengatur finansial serta urusan kesehatan keluarga menjadi beberapa tantangan yang bakal dihadapi.
Uniknya, urusan finansial dan kesehatan bakal berjalan beriringan dan saling memengaruhi pada masa depan. Misal, tanpa rencana finansial yang baik, Anda dan keluarga bakal kelimpungan ketika membutuhkan uang untuk perawatan kesehatan atau mendadak sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Memiliki asuransi kesehatan adalah langkah paling efektif agar finansial serta kesehatan Anda terlindungi secara bersamaan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda punya peluang mendapatkan penanganan medis secara cepat. Alhasil, Anda bisa menerima pengobatan dengan segera dan diharapkan dapat terhindar dari efek penyakit yang lebih parah. Finansial Anda juga terjaga karena biaya rumah sakit akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi. Jadi, Anda bisa fokus ke pemulihan tanpa harus dipusingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan.

Baca Juga: Mengenal Istilah Beneficiary dalam Asuransi Jiwa

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang menuntut Anda memiliki asuransi kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya:

Biaya pengobatan semakin mahal
Biaya kesehatan meningkat setiap tahun. Sebagai gambaran, harga rawat inap di kamar kelas VIP berada di kisaran Rp1,5 juta per hari pada saat ini. Dengan asumsi seseorang menjalani rawat inap hingga 3 hari, berarti sudah Rp4,5 juta harus dikeluarkan untuk bayar kamar rawat inap.

Pengeluaran sudah pasti makin besar karena rawat inap juga ada tagihan obat-obatan, dan biaya konsultasi dokter. Apesnya, biaya itu akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang. Bila tidak memiliki asuransi kesehatan, apakah Anda sudah siap mengeluarkan puluhan juta Rupiah untuk biaya perawatan di rumah sakit?

Ancaman Terkena Penyakit Berat
Sakit tidak memandang usia. Kadang, anak muda juga bisa mengidap penyakit berat. Jadi, jangan tunggu tua untuk memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda jadi tidak perlu khawatir bila sewaktu-waktu mengalami musibah dan dirawat di rumah sakit. Asuransi kesehatan akan membantu Anda mendapatkan perawatan terbaik dan menanggung biaya yang harus dibayarkan.

Problem finansial 
Beberapa orang terlalu fokus ke tabungan dan investasi saat muda tanpa menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli asuransi kesehatan. Ini termasuk perencanaan keuangan yang keliru. Sebab, tabungan dan cuan investasi bisa mendadak habis bila Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Guna menjaga keuangan tetap stabil, ada baiknya memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan perawatan optimal ketika sakit tanpa perlu menguras tabungan dan hasil investasi.

Butuh bantuan ?