Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ibu Adalah Pahlawan Kehidupan untuk Hari Esok Lebih Baik

21 Desember 2019


Momen Hari Ibu


Hari Ibu menjadi momen yang penting bagi kita. Bisa jadi saat mendengar lantunan lagu bertema Ibu, seperti “Kasih Ibu Kepada Beta", "Bunda" oleh Melly Goeslaw, atau "Ibu" oleh Iwan Fals, kita menjadi sangat emosional dan mengenang kembali masa-masa kecil bersama Ibu. Hal ini karena bagi banyak orang, Ibu adalah Pahlawan Kehidupan. Sepertinya, tidak pernah cukup kata terima kasih yang diberikan kepada sosok yang telah membuat Anda sesukses seperti saat ini.  

Kasih sayang dan cinta Ibu tentu sulit untuk kita hitung banyaknya dan tidak akan terbalas. Hal yang bisa kita lakukan adalah meneladani apa yang telah Ibu lakukan sebelumnya, yaitu membantu buah hati berkesempatan mendapatkan hari esok yang lebih baik. Biasanya prioritas utama ibu adalah anak. Kita akan berupaya untuk dapat dapat memenuhi kebutuhan saat ini hingga persiapan masa depan mereka. Untuk memenuhi semua itu, tentu memerlukan sejumlah dana dan kemampuan mengelola keuangan yang baik. Kebiasaan mengatur keuangan sebaiknya dibiasakan sejak masih single agar saat berumah tangga menjadi terbiasa mengelola pendapatan keluarga.

Cara sederhana untuk mengatur keuangan menurut Regional Head of Agency Development Sequis Fourrita Indah, CFP, CEC, AEPP adalah ketika Anda memperoleh pendapatan setiap bulan segera alokasikan pembagiannya sesuai prioritas dengan cara membagi dalam persentase. 

 “Siapkan minimal 20% dari pendapatan untuk membayar utang produktif, seperti cicilan rumah atau apartemen, sekitar 15% untuk membayar utang konsumtif dan cicilan kendaraan. Selanjutnya, minimal 10% alokasikan untuk tabungan dan atau investasi. Ada baiknya juga jika dari prioritas pertama ada kelebihan dana maka tambahkan dana tersebut dalam tabungan. Persentase terbesar 45% untuk kebutuhan masa kini, seperti  biaya rumah tangga, biaya belanja,  biaya listrik, keamanan, gaji ART (Asisten Rumah Tangga), biaya sekolah anak, dan biaya lainnya yang wajib dibayar setiap bulan. Selanjutnya, minimal 10% jangan lupa alokasikan untuk membayar premi asuransi,” kata Fourrita. 

Menurutnya, jika kita belum memiliki asuransi, persentase ini bisa menjadi pertimbangan, yaitu kita menjadi tahu berapa persen yang bisa kita alokasikan untuk pembayaran premi dan menjadi pembanding antara asuransi yang ditawarkan dengan kemampuan membayar. Jangan lupa dalam memilih produk asuransi  perlu membuat skala prioritas. Apakah prioritas untuk proteksi keuangan keluarga, dana kesehatan, atau untuk dana pendidikan anak.

Asuransi Pendidikan Bagi Masa Depan Anak  
Untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik, Anda harus cermat memilih sekolah yang tepat bagi buah hati tercinta. Akan tetapi, pendidikan yang berkualitas membutuhkan biaya yang tinggi. Jadi, siapkan dana pendidikan sejak dini agar tersedia dana pendidikan bagi buah hati di masa depan dan memudahkan Anda memilih sekolah yang tepat bagi mereka.

Fourrita mengingatkan pentingnya menyiapkan dana pendidikan karena pendidikan anak bersifat jangka panjang dan akan membutuhkan dana besar. Biaya pendidikan pun cenderung meningkat dan mengalami kenaikan minimal 10% setiap tahunnya. Menyiapkan dana pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, melalui asuransi pendidikan yang dapat disiapkan sejak anak berusia 1 bulan karena pada saat itu, usia orang tua masih muda dan produktif, diperkirakan masih sanggup membayar premi dalam jangka waktu yang panjang. 

Fourrita menyarankan asuransi pendidikan dwiguna (endowment) karena dapat dimanfaatkan untuk memenuhi biaya pendidikan yang kompleks, seperti uang sekolah, kursus, beli buku, seragam, peralatan sekolah, transportasi, dan masih banyak lagi. Tujuan tersebut dapat disesuaikan antara usia masuk sekolah anak dengan jadwal uang tahapan endowment keluar. 

Dengan asuransi pendidikan dwiguna, impian orang tua untuk menyekolahkan anak meraih pendidikan ke jenjang lebih tinggi tidak akan terputus karena tersedia sejumlah Uang Pertanggungan (UP) yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi sekaligus tahapan pendidikannya. Uang Pertanggungan (UP) akan diberikan jika Tertanggung (Orang tua) meninggal dunia dalam periode pertanggungan dan tahapan-tahapan asuransi pendidikan dwiguna akan akan turun sesuai waktu yang telah dijadwalkan.

Berapa idealnya besar UP bagi asuransi pendidikan?  Sebelum menentukan besaran UP, tentukan dahulu perkiraan berapa rupiah dana pendidikan yang akan diperlukan mulai dari jenjang terendah hingga tertinggi, sekolah mana yang akan dipilih, perkiraan tingkat inflasi pendidikan sekitar 10 hingga 15% per tahun, kondisi ekonomi, layanan pendidikan di masa depan, dan tentunya kemampuan keluarga membayar premi selama periode yang disepakati.

Asuransi Kesehatan dan Penyakit Kritis Untuk Orang Tua
Ibu yang bijak, tidak hanya melindungi anak, tetapi juga akan berupaya untuk menjaga kesehatannya karena peran Ibu sangat kompleks. Mulai dari proses kehamilan, melahirkan, menyusui, hingga harus mengatur segala kebutuhan anak serta rumah tangga tanpa mengenal waktu. Menjaga kesehatan dilakukan dengan menjaga asupan nutrisi, cukup istirahat, rutin berolahraga. Namun, itu saja tidak cukup karena kesibukan dapat membuat ibu menjadi kelelahan dan mengalami sakit. Apalagi, perempuan sangat rentan pada risiko penyakit khusus perempuan, seperti kanker serviks, kanker payudara serta risiko pada saat kehamilan dan persalinan.
 
Untuk itu, selain melengkapi keluarga dengan asuransi pendidikan, ibu juga disarankan untuk memperlengkapi diri dengan asuransi kesehatan dan penyakit kritis. Jika terjadi risiko sakit dan harus dirawat inap atau menyebabkan orang tua tidak bisa bekerja lagi, anggaran keluarga dan pendidikan anak masih tetap terjaga.  Asuransi kesehatan dapat digunakan untuk biaya perawatan sakit sedangkan UP dari asuransi penyakit kritis dapat digunakan sebagai income replacement bagi keluarga selama penyakit kritis terjadi pada orang tua.

Jika Ibu bermaksud memiliki asuransi penyakit kritis maka Fourrita menyarankan untuk memperhatikan kapan fungsi asuransi ini berlaku. Sebab dalam asuransi penyakit kritis ada yang fungsinya berlaku sejak penyakit masih berstatus stadium awal (Early Pay Out), ada juga yang UP yang dibayarkan sekaligus (lumpsum) jika status penyakit sudah berada pada stadium lanjut. Kedua jenis asuransi ini sangat baik untuk dimiliki tetapi jika harus memilih maka pilihlah asuransi penyakit kritis yang membayarkan UP sejak awal diagnosa karena sakit kritis yang diketahui sejak awal dan segera dilakukan tindakan masih memungkinkan adanya harapan hidup. 

Memilih Asuransi yang Tepat
Mengingat pembayaran premi bersifat mengikat di jangka waktu tertentu sesuai perjanjian dalam polis maka sebelum membeli asuransi, terlebih dahulu rencanakan keuangan secara matang dan tentukan tujuan membeli asuransi serta manfaat yang diinginkan sehingga produk asuransi tersebut akan lebih optimal membantu tujuan keuangan keluarga. Pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum memutuskan membeli, pastikan manfaat yang tercakup dalam produk asuransi kesehatan dan penyakit kritis tersebut sesuai dengan kebutuhan. Jika kurang yakin, menanyakan setiap detailnya pada agen asuransi. Jika sudah cocok dengan produk tersebut dan mengetahui preminya, cek kembali apakah sudah sesuai dengan anggaran pengeluaran Anda.

Jika Anda sudah membuat perencanaan keuangan dan menentukan jenis asuransi, selanjutnya adalah menentukan perusahaan penyedia produk asuransi. Pada tahap ini pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik. Cara sederhana untuk mengetahuinya adalah dengan mencari pemberitaan di internet tentang perusahaan asuransi tersebut, misalnya apakah pemberitaannya positif dan selalu ada informasi positif dan menarik yang dibagikan kepada masyarakat. Anda pun dapat melihat kinerja keuangan perusahaan tersebut yang biasanya dipublikasikan di situs perusahaan.  Pilih juga perusahaan asuransi yang memiliki agen-agen yang profesional yang mampu memberikan informasi yang akurat dan nyaman bagi Anda untuk bertanya. Selain layanan agen, Anda juga dapat melihat dari layanan nasabahnya, seperti keramahan, kecepatan, dan tersedianya berbagai akses untuk bertanya.

Produk Asuransi Dari Sequis
Sequis menyediakan asuransi pendidikan, seperti Sequis EduPlan, dan Sequis Global EduPlan Insurance. Sedangkan untuk melindungi Ibu dan keluarga, tersedia asuransi kesehatan, seperti Sequis Q Infinite MedCare Rider, Sequis Q Health Platinum Plus Rider, Q Health Easy Insurance serta asuransi penyakit kritis, seperti Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider, My Critical Protection. Sequis juga memiliki produk asuransi khusus perempuan, yaitu Sequis Lady Protection Rider

Masyarakat yang ingin mengenai produk dan layanan dari Sequis dapat mengunjungi situs Sequis di www.sequis.co.id atau bertanya ke Sequis Care di (62-21) 2994 2929) atau melalui e-mail care@sequislife.com. Anda akan dihubungkan dengan agen Sequis yang profesional untuk membantu menjelaskan manfaat dari setiap produk dan menentukan produk asuransi yang tepat bagi kebutuhan Anda dan keluarga.

Menjadi Ibu adalah anugerah terindah maka jadilah Ibu yang bijaksana, dapat diandalkan dan menjadi kebanggaan seluruh anggota keluarga. Selamat Hari Ibu!


KONTAK MEDIA

Lana Christy
PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2110
lana.christy@sequislife.com    

Ineke Novianty Sinaga
PT Asuransi Jiwa Sequis Life 
Tel: 021 5223 123 ext. 2101
ineke.sinaga@sequislife.com

Butuh bantuan ?