5 Cara Tingkatkan Imunitas Tubuh

Jumat, 9 Pebruari 2018

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Prinsip ini menjadi kian penting manakala menghadapi perubahan cuaca yang belakangan ini dapat berubah sewaktu-waktu.


Perubahan cuaca dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang. Penyakit yang biasanya muncul adalah batuk dan flu. Penyakit tersebut dapat dihindari apabila kita memiliki daya tahan tubuh yang terjaga dengan baik. Menurut dr. Irsyal Rusad, Sp.PD., MH., spesialis penyakit dalam dan anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), daya tahan tubuh yang kuat dapat menghalau efek buruk perubahan cuaca. Untuk itu, dr. Irsyal menyarankan kita agar lebih fokus untuk menjaga atau meningkatkan imunitas tubuh.


Ada beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, di antaranya :


1. Olahraga secara rutin
Efek positif olahraga memang tidak berkaitan langsung terhadap imunitas tubuh. Namun, riset membuktikan bahwa kebiasaan rajin berolahraga dapat berpengaruh terhadap kesehatan organ-organ kardiovaskular, melancarkan peredaran darah, menjaga tekanan darah serta mengontrol berat badan. Sistem kerja tubuh yang sehat dan berfungsi normal dapat melindungi tubuh dari bibit penyakit. Hal ini antara lain dimuat dalam salah satu laporan Harvard Health Publications dari Harvard Medical School.


2. Tidur cukup
Masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya tidur cukup dan berkualitas bagi kesehatan. Kurangnya waktu tidur tidak hanya membuat tubuh lelah dan lemas, tetapi juga memicu stres dan menurunkan imunitas. Para ahli menganjurkan untuk tidur di waktu yang sama setiap malam, selama 7-8 jam.


3. Kurangi konsumsi gula
Salah satu faktor yang dapat menurunkan imunitas adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Riani Susanto, ND, praktisi naturopati dan detox specialist mengatakan, 5-6 jam setelah mengonsumsi gula, kekebalan tubuh akan menurun. Sementara itu Brigitte Mars, praktisi herbal dan penulis buku The Desktop Guide to Herbal Medicines mengatakan bahwa konsumsi makanan dan minuman tinggi gula dapat melemahkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, perhatikan rekomendasi dari American Heart Association berikut: wanita sebaiknya mengonsumsi tak lebih dari 6 sendok teh gula per hari, sedangkan pria tak lebih dari 9 sendok teh per hari.


4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Strawberry, blueberry, cranberry, delima merah, jambu biji, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan berperan penting dalam memerangi radikal bebas dan mencegah peradangan yang dapat melemahkan imunitas. Selain buah berry, sumber antioksidan lain yang tidak kalah penting adalah sayuran berwana hijau seperti bayam, brokoli, dan kale.


5. Konsumsi probiotik
Riset yang dilakukan oleh para peneliti di University of Vienna di Austria menemukan bahwa konsumsi probiotik secara rutin terbukti efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bermanfaat bagi pencernaan. Sumber probiotik yang baik yaitu yoghurt, acar, kedelai, dan buah zaitun (olive).


Mari mulai rutin melakukan kelima hal di atas agar daya tahan tubuh kita meningkat dan tidak mudah jatuh sakit.

Butuh bantuan ?