Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara agar Keuntungan Investasi Bisa Maksimal

31 Januari 2024



Investasi menjadi salah satu cara yang disarankan untuk meningkatkan nilai uang yang dimiliki pada saat ini. Meski begitu, investasi yang dijalankan tidak boleh asal. Demi meraup cuan saat investasi, usahakan melakukan beberapa tips berikut ini: 
 
Cari tahu pendapat pakar/ahli
Banyak informasi dari pakar keuangan yang dapat kita temukan di youtube, Instagram, twitter atau melalui pertemuan finansial baik formal maupun non-formal. Jangan ragu bertanya mengenai tips atau langkah investasi agar  pengetahuan dan kemampuan akan semakin matang serta tidak mengandalkan spekulasi

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang: Pengertian, Tujuan, dan Produk
 
Punya tujuan berinvestasi
Tentukan tujuan investasi jangka panjang Anda secara spesifik. Beberapa tujuan investasi jangka panjang contohnya untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, merencakan pensiun, membeli rumah, atau membeli kendaraan bermotor.

Baca Juga: Pilih Investasi Jangka Panjang Permanen atau Non-Permanen?

Cek kemampuan finansial dan sisa utang  
Pastikan kemampuan finansial Anda  sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebelum mulai investasi. Selain itu, jangan berinvestasi bila Anda belum memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Sebab, cuan yang Anda dapat dari investasi bisa mendadak lenyap bila sewaktu-waktu terkena musibah sakit atau meninggal dunia.

Baca Juga: Jenis Investasi untuk Hari Tua
 
Jadilah investor bijaksana
Jangan tamak ketika berinvestasi. Bagi investor pasar modal, ada baiknya melepas saham yang Anda miliki ketika dikira-kira sudah mendapat keuntungan. Sebab investasi di pasar modal sangat fluktuatif. Dalam waktu singkat, harga saham yang sedang naik bisa mendadak turun bila ada sentimen buruk di emiten terkait. 

Lakukan diversifikasi dalam berinvestasi
Tempatkan uang Anda di beberapa instrument investasi. Misal, menempatkannya di reksa dana pasar uang, pasar saham, dan pasar modal. Khusus di pasar modal, Anda bisa diversifikasi ke beberapa emiten. Jadi, Anda bisa tetap ‘cuan’ bila kinerja salah satu sektor ada yang sedang menurun. Itulah mengapa dalam dunia investasi dikenal dengan istilah don’t put your eggs in one basket.

Butuh bantuan ?