Covid-19 Bermutasi, Proteksi Diri dengan Asuransi Kesehatan

31 Maret 2021


Para ahli memang sudah memprediksi virus covid-19 akan bermutasi. Namun, mutasi itu bisa dicegah dengan mengendalikan penularan dan menekan kasus


Kabar kurang sedap harus diterima masyarakat di seluruh dunia pada akhir Maret 2021. Saat penyebaran virus covid-19 belum berakhir, dunia dihantui varian virus covid-19 baru yang teranyar ditemui di India.

Seperti dilansir BBC dan The Guardian, varian baru tersebut memiliki dua mutasi (E484Q and L452R) atau yang mereka sebut sebagai mutan ganda. Terasa mengkhawatirkan karena ada kemungkinan varian ini bisa menghindari antibodi yang sudah terbentuk sebelumnya dan memiliki peningkatan kemampuan penularan.

"Mutasi ganda ini bisa memberi virus kemampuan menghindari kekebalan tubuh dan peningkatan infektivitas. Mutasi sudah ditemukan pada sekitar 15-20 persen sampel dan tidak sama seperti VOC (variant of concern -red) lain yang sudah dilaporkan," lansir Kemenkes India.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

Kasus positif covid-19 di India sempat mengalami peningkatan drastis pada awal 2021. Awalnya, ada dugaan peningkatan itu disebabkan oleh varian baru mutan ganda. Namun sejauh ini, dugaan itu tak dibenarkan oleh otoritas kesehatan India.

Sebelumnya, para ahli memang sudah memprediksi virus covid-19 akan bermutasi. Namun, mutasi itu bisa dicegahdengan mengendalikan penularan dan menekan kasus. Di Indonesia, varian baru covid-19 sudah hadir pada awal Maret 2021. Varian baru dengan kode B-117 hadir melalui  kasus terkonfirmasi yang ditemukan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (1/3).

Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi Covid-19
Menghadapi situasi yang masih penuh risiko seperti saat ini, Anda perlu memperkuat safety net atau jaring pengaman untuk menjaga kondisi kesehatan dan finansial. Sebab itu sangatlah penting untuk memiliki asuransi kesehatan di tengah pandemi. Kini, asuransi kesehatan bukan lagi pilihan namun suatu kebutuhan. Mumpung masih di awal tahun yang baru, mulai cek asuransi kesehatan yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Salah satu asuransi kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan untuk perlindungan menyeluruh adalah Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMCX). Produk ini memberikan perlindungan kesehatan sepanjang tahun dengan limit tahunan hingga Rp90 miliar. 

Beberapa keunggulan SQIMCX, antara lain tersedia manfaat penggantian biaya kesehatan sesuai tagihan (as charged) untuk rawat jalan kanker dan cuci darah dan perawatan kanker non-medis (alternatif) atau dikenal dengan perawatan kanker eksperimental hingga Rp1,8 miliar/tahun termasuk konsultasi, pemeriksaan tes, dan obat yang akan dibayarkan sampai dengan batas limit ketidakmampuan dalam jangka waktu 30 hari kalender sebelum dan/atau 90 hari kalender sesudah mendapatkan terapi hormon, terapi imun, atau terapi target. Nilai manfaat ini pun diperbarui setiap tahun.

Butuh bantuan ?