Waspada Obesitas Akibat Jarang Beraktivitas Selama Pandemi

30 Maret 2021


Sebelum pandemi covid-19, masyarakat terbiasa untuk melakukan aktifitas di luar ruang


Kegiatan sekolah, kuliah, hingga bekerja harus dilakukan di rumah selama pandemi covid-19. Hal itu memang wajib dilakukan agar rantai penyebaran virus bisa ditekan seminimal mungkin.

Akan tetapi, kegiatan masyarakat yang sebelumnya banyak di luar ruang dan beralih hanya di rumah saja bisa menimbulkan masalah kesehatan. Salah satu masalah yang bisa timbul adalah obesitas.

Sebelum pandemi covid-19, masyarakat terbiasa untuk berjalan beberapa langkah untuk sekadar ke toilet sekolah atau kantor. Bahkan, langkah yang harus ditempuh bisa lebih jauh untuk pergi ke kantin atau restoran saat makan siang tiba.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

Kini berbeda. Aktivitas yang lebih banyak di rumah membuat masyarakat jadi kurang gerak. Hal itu diperparah dengan kebiasaan memakan camilan ketika kerja atau sekolah di rumah secara daring. Makan berlebih dan tidak dibarengi olahraga atau aktivitas lain inilah yang meningkatkan faktor risiko obesitas.

Obesitas harus dicegah dan pencegahan bisa dilakukan walau Anda harus terus di rumah selama pandemi covid-19. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

Atur Jadwal Makan
Sesuaikan jadwal makan Anda seperti ketika sekolah atau bekerja sebelum pandemi. Hindari makan siang sebelum atau sesudah jadwal makan siang.  Karena, jadwal makan teratur dapat membantu kerja metabolisme tubuh lebih baik, sehingga berat badan bisa dikendalikan.

Mengganti Camilan
Mengkonsumsi camilan biskuit ditemani segelas kopi atau teh memang sangat menggoda. Namun jangan melakukan itu secara rutin. Sebisa mungkin mengganti camilan dengan buah-buahan dan biasakan untuk rajin minum air putih. 

Perbanyak Aktivitas
Tidak perlu melakukan olahraga berat bila Anda tidak punya waktu luang. Membakar lemak bisa dilakukan hanya dengan aktivitas ringan seperti menyapu rumah, menyiram tanaman, memasak, atau merapikan tempat tidur. Sebaiknya aktivitas itu dilakukan secara rutin

Anda juga perlu memproteksi diri dengan asuransi kesehatan agar terhindar dari risiko yang bisa timbul akibat penyakit obesitas. Perlindungan kesehatan bisa kamu miliki dengan hanya berada di dalam rumah. Ya, Sequis melalui kanal distribusi online-nya, yakni Super You mencoba memudahkan semua kalangan untuk berasuransi. Semuanya ada di ujung jari dan tinggal klik. Kunjungi www.sequis.co.id dan www.superyou.co.id untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai kemudahan berasuransi secara online.
 

Butuh bantuan ?