Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pengertian, Manfaat, dan Jenis Asuransi yang Perlu Diketahui

19 April 2022


Masyarakat sudah sering dengar tentang asuransi. Namun, rasanya tak semua orang tahu tentang pengertian, jenis, dan manfaat asuransi. Ketidaktahuan itulah yang membuat masyarakat belum berminat memiliki asuransi.

Lantas, apa sih pengertian asuransi? 
Dalam praktiknya, asuransi bertugas untuk melindungi nasabah dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, asuransi berfungsi untuk mengalihkan risiko yang ditimbulkan oleh sebuah musibah dari nasabah ke perusahaan asuransi.

Misal seperti ini: Pria A memiliki asuransi kendaraan dan harus membayar premi tiap kuartal. Lalu, mobil Pria A rusak karena tabrakan. Nah, Pria A tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya servis bengkel. Sebab, biaya servis sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.  

Contoh yang hampir sama berlaku di asuransi kesehatan. Pria B memiliki asuransi kesehatan dan diwajibkan membayar premi tiap tahun. Suatu ketika, Pria B sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Berbekal asuransi kesehatan yang dimiliki, keluarga tak ragu membawa Pria B ke rumah sakit ternama agar mendapatkan perawatan terbaik. Keluarga juga tidak perlu memusingkan biaya perawatan, pengobatan, dan rumah sakit karena bakal ditanggung oleh perusahaan asuransi.  

Berkaca dari ilustrasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa asuransi memberikan rasa tenang walau seseorang sedang dilanda hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, asuransi membantu nasabah dan keluarga untuk meminimalkan kerugian yang ditimbulkan dari sebuah musibah. Terakhir, asuransi membantu mengatur keuangan keluarga menjadi lebih baik.

Baca Juga
Asuransi Unit Link: Asuransi dengan Fitur Investasi
Memilih Asuransi Jiwa Terbaik
Apa Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Asuransi Kesehatan?
 

Ambil contoh ilustrasi cerita Pria B. Tanpa memiliki asuransi kesehatan, keluarga harus menyiapkan dana besar agar Pria B yang sedang sakit berat mendapatkan perawatan dan pengobatan di rumah sakit. Tabungan, dana darurat, hingga uang investasi bakal terkuras untuk bayar rumah sakit.


Lantas apa saja jenis asuransi yang sebaiknya kita miliki? 

1.    Asuransi jiwa
Ada tiga jenis asuransi jiwa, yaitu Term Life, yang memberikan perlindungan dengan jangka waktu tertentu. Memiliki nilai pertanggungan besar tapi uang premi hangus di akhir periode asuransi. Lalu ada asuransi jiwa Whole Life, yakni perlindungan asuransi jiwa seumur hidup dan biasanya memiliki premi lebih mahal karena jangka waktu bayarnya terbatas sehingga tidak perlu bayar seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup.

Uang Pertanggungan asuransi jiwa whole life dapat diklaim bila tertanggung tidak tutup usia selama masa asuransi. Namun uang pertanggungan tidak sebesar jenis asuransi jiwa term life. Selain itu, ada pula asuransi jiwa Unit Link. Ini jenis asuransi kombinasi perlindungan jiwa dan investasi. Premi yang dibayarkan oleh nasabah dibagi untuk dua biaya, satu untuk biaya premi perlindungan jiwa, satu lagi untuk biaya pengelolaan sekaligus dana investasi.

2.    Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan penggantian biaya perawatan kesehatan ketika tertanggung mengalami sakit dan/atau santunan kepada ahli waris ketika tertanggung meninggal dunia. Umumnya, manfaat asuransi yang ditanggung oleh perusahaan asuransi adalah cedera, sakit, kecelakaan, dan kematian.

3.    Asuransi penyakit kritis 
Asuransi penyakit kritis umumnya diberikan dalam bentuk pembayaran santunan (lump sum payment) sejumlah dana besar sesuai ketentuan dalam polis. Perhatikan jenis asuransi penyakit kritis yang ingin dibeli karena ada yang memberikan santunan ketika penyakit kritis masih di tahap awal. Ada pula ketika penyakit kritis sudah di tahap lanjut. 

4.    Asuransi Pendidikan
Asuransi ini menjamin dana pendidikan anak pada masa depan. Jenis asuransi ini biasanya disertai dengan investasi dan perlindungan jiwa bagi pencari nafkah. 

5.    Asuransi dana pensiun
Kebanyakan orang nyaris tidak terpikirkan menyisihkan uang untuk dana pensiun ketika masih muda karena beberapa alasan seperti pendapatan masih kecil, merasa masa pensiun masih lama dan tidak mendesak. Padahal mencicil dana pensiun selagi muda dan di masa puncak produktivitas akan meringankan besarnya jumlah dana yang harus ditabung untuk persiapan dana pensiun di masa depan. Jenis asuransi ini membantu kita untuk mencicil pengumpulan dana pensiun kita. 

Yuk miliki asuransi-asuransi tersebut agar hidup Anda lebih tenang dan finansial terlindungi. Informasi produk asuransi Sequis bisa dilihat di www.sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?