Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pengobatan Penyakit Kardiovaskular Mahal, Ayo Punya Asuransi

7 Pebruari 2024



Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang disebabkan adanya gangguan di jantung dan pembuluh darah. Contoh penyakit kardiovaskular yang umum terjadi adalah serangan jantung, aritmia, gagal jantung, hingga stroke. Ketiga penyakit yang masuk ke golongan penyakit kritis tersebut sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Pada 2030, kasus kematian karena penyakit kardivaskular secara global diperkirakan mencapai 23 juta per tahun.

Baca Juga: Polusi Udara Bisa Menyebabkan Pneumonia dan Serangan Jantung

Ada banyak alasan yang membuat nyawa pasien penyakit kardiovaskular. Beberapa di antaranya disebabkan karena keterlambatan penanganan medis yang tepat, ketidaktahuan pasien atau keluarga pasien dalam penanganan pertama penyakit kardiovaskular, hingga ketidakmampuan secara finansial untuk membayar biaya rumah sakit sehingga pasien tidak dibawa ke dokter spesialis dengan segera.

Melansir beberapa sumber, berikut ini 3 penyakit kadrdiovaskular dengan biaya pengobatan yang tinggi.

1. Stroke
Stroke adalah serangan penyakit yang terjadi saat pasokan darah ke otak tersumbat atau berkurang. Penyebab stroke bisa berasal dari penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah di otak. Stroke yang tidak segera diberikan pertolongan medis darurat bisa berbahaya karena memicu beragam komplikasi kesehatan yang mengganggu fungsi tubuh sampai menyebabkan kematian. Dilansir dari hellosehat.com biaya pengobatan stroke berkisar antara Rp 140-250 juta rupiah.

Baca Juga: Golongan Darah dengan Risiko Stroke, Yuk Cegah Sejak Dini

2. Jantung
Penyakit jantung merupakan masalah kesehatan yang menyebabkan gangguan di kinerja organ jantung dalam memompa darah. Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan di beberapa fungsi jantung seperti irama jantung, aliran darah dari dan ke pembuluh jantung, serta gangguan di katup jantung. Berdasarkan riset kesehatan, penyakit jantung menjadi penyumbang terbesar penyebab kematian. Penyakit jantung yang sering ditemui adalah penyakit jantung koroner, yaitu penyempitan di pembuluh darah jantung. Melansir Hellosehat, Biaya operasi bypass jantung umumnya berada di kisaran Rp 63 juta – 130 juta.

3. Kanker
Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di pada bagian tubuh yang lain. Kanker sering menyebabkan kematian, karena penyakit ini umumnya tidak menimbulkan gejala pada awal perkembangannya. Akibatnya, banyak kondisi baru terdeteksi dan ditangani setelah mencapai stadium lanjut. Oleh karena itu, lakukan skrining atau cek kesehatan secara berkala agar kanker dapat terdeteksi secara dini. Sementara untuk mencegahnya, jalani pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Biaya pengobatan penyakit kanker memang terbilang mahal dan bervariasi, tergantung jenis pengobatannya. Jika diambil kisaran, biaya operasi kanker mulai dari stadium awal sampai lanjut, berkisar antara Rp5-70 juta. Ini belum termasuk biaya rawat inap di rumah sakit.

Baca Juga: Penyakit Kardiovaskular: Kenali Jenis dan Langkah Antisipasi

Mahalnya biaya pengobatan ketiga penyakit tersebut seharusnya mampu menyadarkan Anda untuk lebih aware terhadap kesehatan. Bukan tidak mungkin Anda yang masih muda dan terlihat sehat pun juga dapat terkena penyakit tersebut. Selain menjaga kesehatan tubuh sedini mungkin, sebaiknya Anda juga mempersiapkan diri untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Segera memberikan proteksi kesehatan untuk diri Anda dengan membeli polis asuransi kesehatan. Terutama asuransi penyakit kritis. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pertolongan medis secara cepat bila sewaktu-waktu mengalami gangguan penyakit kardiovaskular. Urusan biaya rumah sakit juga tidak perlu dipusingkan karena bakal ditanggung oleh perusahaan asuransi. Bila memerlukan bantuan untuk menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, silakan berkonsultasi dengan Sequis Find Agent. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?