Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pusing Memilih Asuransi Terbaik? Ikuti Cara Ini Yuk

29 Agustus 2023



Membeli asuransi kesehatan atau asuransi jiwa tidak bisa secara asal. Calon nasabah harus mengetahui mengenai produk yang ingin dibeli, manfaat yang bakal didapat, serta syarat serta sejumlah ketentuan yang berlaku di dalamnya.

Baca Juga: Cara Jitu Mengetahui Asuransi Terbaik

Nah sebelum membeli asuransi, calon nasabah sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu:

Jenis Asuransi yang Anda Butuhkan
Sebagai awalan, tentukan jenis asuransi yang Anda butuhkan (asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, atau jenis asuransi lainnya). Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi yang sesuai kebutuhan.

Manfaat Produk
Tiap perusahaan asuransi memiliki asuransi unggulan dengan manfaat yang berbeda-beda pula. Pastikan asuransi kesehatan yang sedang dicari memberikan manfaat asuransi sesuai kebutuhan. Bila Anda ingin membeli asuransi penyakit kritis, cari tahu dulu jenis penyakit kritis yang ditanggung.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan Terbaik

Premi
Premi adalah jumlah uang yang harus Anda bayar secara teratur agar bisa mendapatkan manfaat asuransi secara optimal. Pahami besaran premi yang perlu Anda bayar, metode pembayaran, tenggat waktu pembayaran, serta masa pembayarannya.

Klaim
Cara pembayaran klaim juga perlu Anda perhatikan. Lebih baik menggunakan sistem cashless dibanding reimbursement. Dengan cashless, Anda hanya perlu memberikan kartu kesehatan pada saat mengisi formulir di bagian administrasi. Lantaran semua biaya langsung dibebankan ke perusahaan asuransi, Anda tidak perlu keluar uang bayar biaya perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Tips Sebelum Memilih Asuransi Terbaik

Pengecualian
Pengecualian bakal selalu ada di dalam polis asuransi. Dalam pengertiannya, pengecualian merupakan risiko yang tidak bakal ditanggung dalam manfaat asuransi. Misal, Tertanggung Asuransi Jiwa meninggal dunia diakibatkan penyalahgunaan obat narkotika atau menderita cacat total akibat olahraga ekstrem. Perusahaan asuransi tidak akan memberikan manfaat asuransi bila risiko terjadi akibat kejadian-kejadian tersebut.

Rumah Sakit Rekanan
Kesempatan mendapat perawatan optimal di rumah sakit terbaik menjadi manfaat asuransi lainnya yang bisa Anda rasakan. Di asuransi kesehatan swasta, nasabah diberi kebebasan memilih tempat perawatan di rumah sakit rekanan perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia hingga di luar negeri. Saat tertimpa musibah sakit, nasabah dapat langsung mengunjungi RS rekanan terdekat untuk segera mendapatkan perawatan atas sakit yang diderita. Oleh karena itu, bila ingin mendapatkan kemudahan dalam mencari rumah sakit, cek rumah sakit rekanan perusahaan asuransi yang ingin dituju. Semakin banyak rumah sakit rekanan, semakin baik pula asuransi kesehatan tersebut.  Terakhir, pastikan Anda disiplin membayar premi asuransi agar manfaat asuransi bisa digunakan.

Butuh bantuan ?