Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tahun Baru Segera Tiba, Saatnya Kita Buat Resolusi

28 November 2023



Akhir tahun 2023 tinggal menghitung hari. Berarti, saatnya kita mempersiapkan diri menjadi lebih sukses dan menjadi versi terbaik dari diri kita. Caranya dengan membuat resolusi akhir tahun.

Faculty Head Sequis Quality Builder Sequis Training Academy of Excellence Fandi Murdani mengatakan sangat baik jika nasabah Sequis membuat resolusi pada akhir tahun karena dengan membuat resolusi berarti kita memiliki cita-cita atau target sekaligus menjadi panduan untuk berkarya sepanjang  tahun baru 2024. Kita pun akan lebih bersemangat  karena ada target yang ingin kita capai.

"Membuat resolusi pada akhir tahun dapat menjadi sumber semangat baru untuk menjalankan aktivitas pada tahun mendatang. Sayangnya, semangat seringkali hanya bertahan sebentar, biasanya hanya pada awal awal tahun saja, setelah itu terlupakan. Biasanya kurang konsistensi menjalankan resolusi yang sudah dibuat. Padahal, untuk dapat sukses meraih apa yang kita inginkan tidak hanya perlu pengetahuan dan kemampuan saja, tetapi perlu konsistensi, tekad, dan semangat untuk mewujudkan resolusi,” sebut Fandi Murdani.
 
Bagaimana agar resolusi yang sudah dibuat tidak hanya bertahan sesaat saja, tetapi dapat Anda jalankan dengan semangat dan konsisten? Ini 3 tips dari Fandi untuk nasabah Sequis:

◢ Menyusun Fondasi dengan Bertahap
Membuat resolusi akhir tahun 2023 berarti Anda sedang mendirikan fondasi mencapai kesuksesan tahun 2024 dan tahun-tahun selanjutnya. Membuat daftar impian mungkin mudah, tetapi ketika sampai pada pertanyaan bagaimana mewujudkannya kerap kita melihat daftar impian tersebut dengan ragu dan gusar, mungkin kita malah bertanya kepada diri sendiri apakah mampu mewujudkannya?

“Buatlah daftar yang Anda rasa masuk dalam jangkauan untuk direalisasikan karena Anda yakin memiliki kemampuan untuk mewujudkannya. Buatlah urutan dari yang sangat mungkin dicapai dalam jangka pendek lalu yang butuh perjuangan namun Anda yakin bisa menjalankannya hingga yang dirasa sulit, tetapi Anda percaya diri mampu mencapainya. Membuat daftar secara detail dan bertahap akan membantu Anda mampu menjalankan secara konsisten,“ imbuh Fandi

◢ Buat Target dengan Waktu   
Setelah menyusun resolusi akhir tahun, jangan lupa tentukan kapan akan memulainya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya, dan apa target dari resolusi tersebut. Menetapkan batas waktu dan target sangat berguna untuk mengukur kemampuan dan potensi untuk mencapainya.

“Jika memiliki target terkait keuangan, misalnya Anda memiliki kebutuhan dana pendidikan dan ingin dipenuhi dengan cara berinvestasi maka Anda akan menargetkan mesti sudah memiliki sejumlah hasil investasi pada akhir tahun. Untuk itu, pilih instrumen yang dapat mendukung target Anda, ketahui berapa banyak yang harus disisihkan secara rutin, tentukan periode top up investasi, diantaranya saat menerima Bonus atau THR.  Selalu evaluasi instrumen yang dipilih, jumlah dana yang disisihkan, dan periode berinvestasi,” sebut  Fandi.

Perjalanan Hidup Penuh Kejutan, Antisipasi Risikonya
Sudah membuat resolusi dan bersemangat menjalankannya. Tetapi,dalam perjalanan bisa saja kita menghadapi kendala yang tidak kita sangka sebelumnya dan bisa jadi ada dampak risiko finansial yang cukup besar. Sebagai manusia, kita tidak pernah mengetahui kapan dan di mana risiko bisa terjadi, seperti sakit, kecelakaan atau meninggal dunia. Risiko ini bisa berdampak terhadap tercapai atau tidaknya resolusi yang sudah dibuat dan tentunya berdampak  juga pada orang-orang sekitar kita.

Kabar baiknya, ketidakpastian risiko yang ditimbulkan dapat diantisipasi jika sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Namun sayangnya, tidak semua orang merasa perlu melakukan perencanaan proteksi atas risiko finansial yang dapat terjadi sehingga tidak segera melakukan antisipasi. Kelalaian ini yang bisa menggagalkan rencana untuk mencapai resolusi.  

“Setiap kali membuat perencanaan termasuk resolusi akhir tahun, kita perlu meminimalisir risiko yang bisa terjadi khususnya risiko finansial. Semakin besar masalah maka semakin besar pula risiko yang dapat timbul. Risiko finansial yang terjadi karena risiko sakit atau meninggal dunia pastinya akan berdampak terhadap rencana masa depan sehingga perlu diantisipasi  dengan memiliki proteksi jiwa dan juga pertanggungan biaya kesehatan yang maksimal,” sebut Fandi.

Untuk itu, kita perlu mengetahui cara kerja pertanggungan asuransi. Untuk asuransi kesehatan maka perusahaan asuransi yang akan membiayai kebutuhan rawat inap dan pengobatan medis dari Tertanggung sesuai dengan  fasilitas, manfaat,  dan ketentuan dari polis yang dimiliki oleh nasabah. Untuk pertanggungan asuransi jiwa, yakni ada manfaat Uang Pertanggungan yang dapat digunakan untuk menjaga kualitas hidup keluarga agar tetap stabil walau sudah tidak ada pencari nafkah di keluarga tersebut.
 
Sequis menyediakan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang dapat dipilih nasabah sesuai kebutuhan, seperti asuransi jiwa Q Smart Life New Gen Insurance dan asuransi kesehatan Sequis Infinite MedCare (IMC) yang dapat membantu melindungi rencana finansial Anda sehingga  bisa merasa aman dan nyaman menjalankan resolusi akhir tahun. Selamat memasuki Tahun baru 2024!

Butuh bantuan ?