Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan? Hati-Hati!

17 Oktober 2023



Perencanaan keuangan sangat diperlukan guna menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Lalu, apa bahaya yang timbul jika Anda tidak memiliki perencanaan keungan?

1.    Beberapa Kebutuhan Tidak Terpenuhi
Perencanaan keuangan berisi mengenai anggaran setiap bulan dan jrencana kebutuhan jangka panjang. Dengan rencana ini, Anda akan memiliki patokan uang yang akan dikeluarkan guna memenuhi kebutuhan sehingga semua keperluan, baik jangka pendek maupun jangka panjang dapat tercukupi dengan baik. Bila tidak memiliki plan, Anda berpotensi membelanjakan uang secara tidak terkendali. Risiko yang terjadi adalah ada beberapa kebutuhan Anda yang mungkin tidak dapat terpenuhi.

2.    Khawatir yang Berlebihan
Masa depan tidak dapat diprediksi, namun dapat direncanakan. Tanpa adanya perencanaan keuangan, akan muncul perasaan khawatir yang berlebihan terkait berbagai hal, seperti kemampuan membayar biaya sekolah anak atau kondisi keuangan saat masa pensiun. Rasa khawatir itu dapat dihilangkan bila Anda mengatur keuangan dengan matang, dan menyiapkan dana masa depan dari sekarang.

3.    Terlilit Utang dan Cicilan
Ada berbagai alasan yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk meminjam uang atau utang. Salah satu alasan biasanya karena tidak memiliki persiapan dana yang cukup untuk kebutuhan tak terduga. Selain itu bisa juga karena sikap konsumtif yang membuat uang selalu habis sebelum gajian tiba sehingga harus utang.

4.    Tidak Memiliki Dana Darurat
Tidak memiliki dana untuk kebutuhan yang tidak terduga bisa muncul karena perencanaan keuangan yang buruk. Ini tentu akan membuat kondisi keuangan pribadi maupun keluarga menjadi tidak stabil.

5.    Tak Ada Dana Pensiun
Kepastian akan hidup yang tenang dan nyaman di masa depan akan dapat diperoleh dengan mengalokasikan sebagian penghasilan sedini mungkin untuk kebutuhan di hari tua.
Ingin mewujudkan merdeka finasial pada hari tua? Mulailah membuat perencanaan keuangan dari sekarang. Bagaimana caranya?

Yuk, merencanakan keuangan yang sehat dengan konsultasi dengan financial planner atau agen Sequis. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?