Urusan Klaim Bisa Merepotkan Bila Tak Mengetahui Hal Ini



Masyarakat sempat dibuat heboh oleh komplain yang dibuat oleh seorang publik figur Indonesia melalui media sosial Instagram pada Oktober 2021. Ketika itu, dirinya merasa ‘tertipu’ oleh salah satu perusahaan asuransi. 

Ketika itu, yang bersangkutan bersuara setelah merasa tidak mendapat hak yang sesuai ketika mengajukan klaim asuransi kesehatan di salah satu rumah sakit. Terlepas dari penyebab pasti mengapa klaim asuransi kesehatannya tersebut ditolak, tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut kini tengah menjadi topik pembicaraan hangat di industri asuransi. Bahkan kabarnya, sang publik figur mendapat Direct Message (DM) dari berbagai pihak termasuk agen asuransi terkait problematika ini.

Sebetulnya, kenapa ya klaim asuransi yang bersangkutan bisa tidak dibayarkan atau ditolak? Yuk kita cari tahu di ulasan kali ini.

Pertama yang harus dipahami adalah setiap calon nasabah asuransi harus memerhatikan beberapa hal  ketika membeli produk asurasi kesehatan. Salah satunya mengenai hak dan kewajiban ketika mengajukan klaim dari produk yang ditawarkan. 

1. Klaim Tidak Sesuai Dengan Isi Polis 
Pahami syarat-syarat dan segala ketentuan yang tercantum di isi polis sebelum nasabah membeli produk asuransi. Contoh, pahami dahulu ketentuan masa tunggu serta pengecualian yang berlaku. Dalam periode masa tunggu ini ada klaim yang belum dapat ditanggung dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

2. Klaim di Luar Cakupan Perlindungan 
Di polis asuransi tercantum cakupan perlindungan yang dapat ditanggung perusahaan asuransi dan yang tidak dapat ditanggung. Misal, meninggal dunia karena bunuh diri tidak termasuk dalam cakupan perlindungan asuransi, sehingga klaim tidak akan dibayarkan bila Tertanggung meninggal dunia karena bunuh diri. 

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Biar Klaim Dibayarkan, Ayo Pelajari Prosedur Pengajuan Klaim

3. Dokumen Pengajuan Klaim Tidak Lengkap
Perhatikan syarat dan ketentuan pengajuan klaim sebelum mengajukan klaim. Setiap perusahaan asuransi akan memberikan Anda kemudahan proses klaim dengan melampirkan informasi lengkap berikut form-form yang harus dilengkapi di website perusahaan. Pastikan Anda sudah melengkapi semua ketentuan, dokumen, dan form seperti yang diinformasikan demi menghindari pengajuan klaim Anda ditolak.

4. Adanya Informasi Penting yang Anda Sembunyikan 
Salah satu penyebab yang berpotensi menyebabkan klaim ditolak adalah adanya beberapa informasi penting terutama terkait kesehatan yang mungkin Anda sembunyikan atau tidak diinformasikan secara transparan kepada perusahaan asuransi di awal pendaftaran. Contohnya bila Anda tidak menginformasikan secara detail terkait riwayat sakit, hal ini kerap dapat memengaruhi proses klaim yang berpotensi klaim ditolak jika ditemukan informasi data yang berbeda.

Semoga Anda lebih saksama mempelajari isi polis agar klaim bisa berjalan lancar. Jangan sungkan bertanya kepada agen asuransi atau Customer Service di perusahaan asuransi tempat Anda memiliki polis Untuk informasi mengenai Customer Care Sequis dan produk serta layanan Sequis lainnya kunjungi website www.sequis.co.id

Butuh bantuan ?