Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Usia Muda Saat Tepat Berinvestasi

30 November 2023



Muda dan masih single biasanya identik dengan masa eksplorasi banyak hal termasuk soal gaya hidup. Namun, eksplorasi itu harus dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang. Bila bisa mengatur waktu dan memiliki pekerjaan serta side job yang tepat, anak muda rentang usia 20-30 tahun bisa memiliki penghasilan puluhan hingga ratusan juta per bulan serta menjalani masa tua yang menyenangkan. Salah satu cara untuk mendapatkan finansial yang sehat saat muda adalah dengan melakukan investasi secara tepat.  Berikut adalah tips investasi bagi orang muda dan single:

Mulai dengan nilai kecil dan risiko minim
Cari instrumen yang tidak terlalu rumit, dan memiliki tren bagus dalam jangka waktu 3-5 tahun ke belakang. Ini penting untuk membangun kepercayaan diri dalam berinvestasi. Pelan-pelan memahami seluk beluk investasi sambil mencari jenis investasi jangka panjang mana yang sesuai dengan rencana keuangan keluarga Anda.

Diversifikasi investasi
Tempatkan uang Anda di beberapa instrumen investasi. Misal, menempatkannya di reksa dana pasar uang, reksa dana pasar saham, dan pasar modal. Khusus di pasar modal, Anda bisa diversifikasi ke beberapa emiten. Jadi, Anda bisa tetap ‘cuan’ bila kinerja salah satu sektor ada yang sedang menurun.

Baca Juga
Penarikan Investasi dan Deviden
Penarikan Nilai Tunai / Dana Investasi
Pengajuan Transaksi Polis Unit Link
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

Atur Dengan Jelas Jumlah Dana yang Mampu Anda Investasikan 
Atur jumlah dana yang mampu Anda investasikan. Idealnya berkisar 20%-40% dari gaji bulanan. Jangan lupa Anda harus pastikan bahwa kebutuhan primer sudah tercukupi sebelum melakukan investasi tersebut.

Pilih Produk Investasi yang Sesuai Dengan Tujuan Investasi Jangka Panjang
Pilihlah produk investasi dengan faktor risiko yang memang sesuai dengan karakter dan kesanggupan dana yang Anda miliki. Ada 2 jenis investasi yang bisa dilakukan oleh investasi pemula. Pertama dapat dilakukan dengan investasi aset nyata atau aset wujud nyata seperti investasi emas, tanah, dan properti. Kedua, Anda juga dapat melakukan investasi di aset finansial di sektor keuangan. Contohnya adalah investasi di reksa dana, saham, deposito, obligasi dan asuransi unit link. 

Butuh bantuan ?