Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Hal yang Pantang Dilakukan Usai Menerima Vaksin Booster



Vaksin booster covid-19 sudah mulai diberikan sejak pertengahan Januari 2022. Pada akhir kuartal 1 2022, vaksin booster mulai diberikan kepada karyawan-karyawan yang berada di kota-kota besar. Termasuk untuk karyawan Sequis yang mendapatkan suntikan vaksin booster pada Jumat, 18 Maret 2022.

Syarat penerima vaksin booster adalah orang berusia 18 tahun ke atas, yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 lengkap atau vaksin COVID-19 dua dosis minimal tiga bulan.

Ada pantangan yang wajib dipatuhi oleh masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin booster. Berikut ini beberapa di antaranya yang sudah disadur dari sejumlah media online:

1. Dilarang merokok serta minum alkohol
Mengonsumsi keduanya bisa memengaruhi sistem kekabalan tubuh yang berakibat penurunan respons imun terhadap vaksin. Rokok dan alkohol juga bisa memperburuk efek samping. 

2. Dilarang melakukan aktivitas berat
Hindari melakukan aktivitas fisik yang berat seperti mengangkat beban, olahraga dalam waktu yang lama atau lari jarak jauh. Usahakan hindari aktivitas seperti itu 2-3 hari setelah mendapatkan suntikan vaksin booster.

3. Melepas masker
Anda masih bisa terinfeksi virus covid-19 varian apapun walau sudah disuntik vaksin. Jadi usahakan tetap menerapkan protokol kesehatan setelah divaksinasi. Ingat, vaksin booster hanya melindungi Anda dari risiko atau gejala yang buruk bila sewaktu-waktu terinfeksi virus covid-19.

4. Menunda konsultasi ke Dokter
Jangan anggap enteng gejala-gejala yang timbul usai vaksinasi. Segera konsultasi ke dokter agar bisa mendapat penanganan serta tidak menimbulkan efek samping yang lebih parah.

Butuh bantuan ?