Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Bahan Alami Pengganti Paracetamol, Ampuh Reda Demam Anak

11 November 2022



Sejumlah obat paracetamol sirop yang saat ini beredar di Indonesia diduga mengandung dietilen glikol serta etilen glikol. Kandung ini diyakini menjadi penyebab utama penyakit gagal ginjal akut misterius menyerang banyak anak di Indonesia sepanjang 2022. Alhasil, sejumlah produk obat paracetamol sirop banyak yang ditarik dari peredaran hingga waktu yang belum ditentukan.

Paracetamol sirop memang menjadi pilihan ampuh untuk menurunkan demam anak. Namun dalam situasi saat ini, tidak mengonsumsinya adalah pilihan bijak. Sebagai alternatif bila anak demam, silakan racik dan berikan paracetamol alami yang direkomendasikan oleh Prevention dan MedlinePlus berikut ini:

1. Bawang merah
Mengoles tubuh anak dengan bawang sudah menjadi pengobatan alternatif yang dilakukan orang tua sejak dulu. Bawang berguna untuk membantu menurunkan suhu tubuh dan meredakan rasa nyeri saat demam. Cara menggunakannya sangat mudah. Gunakan satu siung bawang merah lalu iris tipis. Selanjutnya, gosok irisan bawang ke kaki anak selama beberapa menit. Proses ini bisa diulang sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Air lemon hangat dan madu
Vitamin C yang ada di dalam lemon dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sedangkan madu bisa memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan tubuh. Racik 1 sendok makan madu ke dalam 1 sendok makan perasan lemon. Lalu campur dengan air hangat lalu diminum.

Baca Juga
Jangan Meremehkan Lemak di Perut, Bisa Menimbulkan Penyakit
Konsumsi Makanan Ini Agar Tetap Sehat saat Musim Pancaroba
Ingin Berlibur? Yuk Cek 3 Tips Healing Tanpa Pusing
Sakit Tenggorokan? Obati dengan Minuman Alami Berikut Ini

3. Kompres air hangat
Kompres dahi anak dengan handuk yang direndam dengan air suhu ruang ampuh menurunkan demam. Setelah itu, tempelkan kompres ini ke pergelangan tangan, betis, ketiak, serta selangkangan anak. Ingat, jangan menggunakan kompres yang terlalu panas ketika suhu anak lebih dari 39 derajat Celsius.

4. Sup atau makanan berkuah kaldu hangat
Aneka olahan sup atau makanan kuah berbasis kaldu ayam hangat dan banyak diberi bumbu rempah-rempah juga bisa digunakan untuk obat demam alami. Cairan ini bisa membantu hidrasi tubuh saat demam. Sup hangat juga bisa membuat tubuh berkeringat sehingga suhu tubuh bisa cepat turun. Selain kuah, isi sup yang bergizi tinggi juga dapat menambah asupan energi yang penting untuk melawan penyakit dan menurunkan demam

5. Mandi dengan campuran jahe
Jahe mampu membunuh patogen penyebab demam anak. Jahe membantu tubuh mengeluarkan keringat, yang pada akhirnya membantu menghilangkan panas tubuh. Tambahkan sekitar 2 sdm bubuk jahe ke air mandi yang hangat, aduk dengan baik. Berkeringat setelah mandi akan mengurangi panas tubuhnya. Namun, hindari kontak jahe dan mata, khususnya pada balita.

 

Butuh bantuan ?