Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Saat Mulai Berbisnis?

13 Oktober 2023



Memiliki perencanaan keuangan yang matang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin berbisnis atau sedang menjalankan bisnis pada tahap awal. Adapun aspek bisnis yang harus dipersiapkan saat memulai bisnis, yakni:

◢    Jenis usaha
Anda bisa menentukan jenis usaha sesuai minat. Lalu tempatkan diri Anda sebagai konsumen. Dengan cara ini, Anda bisa inovasi dan memberikan pelayanan kepada konsumen.
 
◢     Lokasi dan akses
Lokasi dan akses menjadi penentu keberhasilan usaha. Selain terkait akses, usahakan lokasi yang Anda pilih bebas banjir, bisa dijangkau dengan menggunakan transportasi umum, serta menyediakan ruang yang cukup untuk parkir mobil/motor.

Baca Juga: Hadapi Resesi, Yuk Mulai Belajar Berbisnis

Bila membuka usaha berbasis digital, perhatikan juga tampilan (User Interface) serta kemudahan akses dan kualitas pengalaman berbelanja (User Experience) konsumen. Dengan begitu, konsumen bakal nyaman dan memiliki alasan yang kuat untuk mendapatkan produkmu.

◢    Target pasar  
Menentukan target pasar akan memudahkan Anda menghadirkan produk atau layanan yang sesuai. Sebelum bisnis diluncurkan, sebaiknya lakukan Focus Group Discussion (FGD) ecara langsung maupun online.

Baca Juga: Heboh Badai PHK, Yuk Beralih Menjadi Tenaga Pemasar Asuransi

◢    Perhitungan yang matang
Alokasikan modal secara cermat. Selain untuk bahan baku, modal juga harus cukup untuk kelancaran aktivitas operasional. Rencana keuangan bisnis adalah bagian yang sangat penting dan harus direncanakan sejak awal. Dengan perhitungan dan rencana yang matang, pemasukan dan pengeluaran bisnis dapat terangkum dalam pembukuan yang jelas.

Lantas, bagaimana cara terbaik mengatur keuangan bisnis? Simak tipsnya berikut ini!

1. Pisahkan uang pribadi dan uang untuk usaha  
Buat rekening terpisah antara modal usaha dengan rekening pribadi. Ini bertujuan agar Anda lebih mudah melacak arus uang yang keluar dan masuk.

Baca Juga: Alasan Bisnis Asuransi Kesehatan Cocok untuk Wanita Modern

2. Bayar semua tagihan tepat waktu
Tagihan sudah sepatutnya menjadi prioritas dan harus dibayarkan tepat waktu. Sebagai pelaku usaha, membayar tagihan tepat waktu akan memudahkan langkah Anda pada masa depan.

3. Memiliki budget usaha
Saat membuat rencana bisnis dan rencana keuangannya, jangan lupa untuk tentukan budget usaha. Tentukan setiap anggaran dengan terperinci dan perbarui secara berkala. Setelah membuat anggaran, kamu harus disiplin dalam mengikutinya ya!

Butuh bantuan ?