Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Berobat ke Luar Negeri Agar Dapat Pelayanan Berkualitas

28 Juli 2023



Indonesia sebetulnya memiliki sederet dokter, tenaga medis, dan rumah sakit mumpuni. Namun, hal itu tidak mengurungkan niat banyak orang Indonesia untuk mendapatkan pengobatan serta perawatan kesehatan di rumah sakit yang berada di luar negeri.

Alasan yang dikemukakan beraneka ragam. Sejumlah pasien dan keluarga pasien memilih mendapatkan perawatan di luar negeri karena alasan kelengkapan alat-alat medis, kenyamanan, harga lebih murah hingga pelayanan berkualitas yang terintegrasi dan mumpuni. Sehingga, mereka merasa proses penanganan terhadap penyakit dirasa lebih baik dan cepat.

Baca Juga: Nyaman Berobat ke Luar Negeri dengan Asuransi Kesehatan

Salah satu dari anggota keluarga atau kerabat yang Anda kenal juga punya niat berobat di luar negeri? Agar pengobatan lancar, yuk bantu mereka menyiapkan beberapa hal ini terlebih dahulu:

Riset destinasi medis
Cari tahu negara atau kota yang sudah terbukti memiliki pelayanan medis berkualitas dan biaya perawatan yang lebih terjangkau. Beberapa negara seperti Thailand, India, Malaysia, dan Singapura sering kali menjadi tujuan populer untuk berobat di luar negeri.

Konsultasikan dengan dokter
Sebelum mendapatkan perawatan di luar negeri, sebaiknya diskusikan kondisi medis Anda dengan dokter atau ahli kesehatan Anda. Tentunya, mereka dapat memberikan saran tentang opsi perawatan di luar negeri dan merekomendasikan rumah sakit atau klinik yang tepercaya.

Perencanaan dan persiapan
Buat jadwal perjalanan yang terperinci, seperti tanggal keberangkatan, durasi perawatan, dan tanggal kembali. Pastikan untuk mengatur akomodasi, transportasi, dan visa (bila diperlukan) dengan mempertimbangkan jadwal perawatan Anda.

Baca Juga: Universitas Terbaik Luar Negeri & Cara Menyiapkan Dananya

Asuransi perjalanan
Pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan yang mencakup biaya medis dan evakuasi medis bila diperlukan. Bicarakan dengan perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perjalanan tentang rincian cakupan dan pembayaran klaim.

Cek Layanan Asuransi Kesehatan
Pastikan keluarga sudah membawa kartu asuransi kesehatan pasien. Sebab, beberapa polis Asuransi Kesehatan dari Indonesia sudah punya fasilitas cashless dan bisa menanggung biaya berobat di luar negeri. Namun sebelum berangkat, minta kepada keluarga pasien untuk melakukan konfirmasi ke Tenaga Pemasar atau ke pusat layanan perusahaan asuransi mengenai pertanggungan dan prosedur klaim asuransi saat berobat di luar negeri.

Nasabah bisa menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit yang berada di luar negeri bila memiliki Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC) Series. SQIMC juga memiliki jangkauan wilayah pertanggungan yang cukup luas, selain di Indonesia, Asia, hingga seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).

Bawa catatan medis dan hasil tes
Pastikan keluarga pasien membawa salinan catatan medis pasien, seperti riwayat penyakit, hasil tes, dan resep obat. Ini akan membantu dokter di luar negeri dalam merencanakan perawatan yang sesuai.

Terhubung dengan dokter di Indonesia
Berikan informasi kepada dokter atau ahli kesehatan di Indonesia tentang perawatan yang pasien terima di luar negeri. Ini memungkinkan mereka untuk melanjutkan perawatan setelah pasien kembali ke Indonesia.

Butuh bantuan ?