Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gaji Kecil Masih Bisa Nabung dan Investasi, Ini Caranya!


Gaji Kecil Masih Bisa Nabung dan Investasi, Ini Caranya!


Penghasilan kecil kerap dijadikan alasan untuk tidak menabung dan investasi. Padahal, menabung dan juga investasi perlu dilakukan agar nasib seseorang yang tadinya memiliki penghasilan kecil punya kesempatan merasakan pendapatan besar atau mencapai kemandirian finansial pada masa depan.

Kuncinya adalah itikad kuat serta kemauan mengatur keuangan secara bijak. Tanpa kedua hal itu, seseorang dengan gaji besar juga kadang merasa tak mampu untuk investasi dan menabung. Yuk ubah mindset dan usahakan mengubah nasib dengan menabung serta investasi. Terapkan beberapa tips berikut ini agar usaha menabung dan investasi bisa berjalan lancar: 

  1. Tetapkan Tekad dan Mulai Sejak Dini
    Seseorang dengan penghasilan kecil bakal sulit untuk menabung bila tidak memiliki tekad yang kuat. Hapus mindset "menabung ketika sudah kaya". Mulailah dengan segera. Ketika sudah terbiasa menabung sejak penghasilan kecil, Anda akan mudah mengatur keuangan saat mendapatkan gaji lebih besar.
     
  2. Sisihkan untuk Asuransi Kesehatan
    Penghasilan kecil jangan jadi halangan buat Anda memiliki asuransi kesehatan. Justru dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa menyelamatkan keuangan keluarga pada masa depan. Ingat, biaya kesehatan bisa sangat mahal dan belum tentu bisa tertutupi oleh seseorang berpenghasilan kecil atau gaji UMR. Dengan memiliki asuransi kesehatan, gaji UMR Anda tidak akan terganggu karena biaya kesehatan dan perawatan di rumah sakit akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.  
     
  3. Mengalokasikan Gaji untuk Investasi
    Investasi adalah kegiatan penanaman modal ke sebuah instrumen investasi. Bisa investasi emas, saham, reksa dana, fintech p2p lending, atau lainnya. Alokasi ideal untuk investasi adalah 5-10% dari gaji. Bila gaji Anda Rp4,4 juta per bulan (UMP DKI Jakarta 2022), sisihkan sekitar Rp420 ribu per bulan untuk investasi. Dengan uang sebesar itu, Anda sudah bisa investasi reksa dana, menabung emas, hingga investasi saham.
     
  4. Pilih Investasi yang Sesuai
    Anda harus memilih instrumen investasi yang paling sesuai dengan kondisi finansial. Investasi tidak bisa dilakukan sembarangan, sehingga Anda perlu memiliki pengetahuan secara fundamental maupun analisis mengenai investasi yang dipilih. 

Bila tertarik dengan bentuk investasi reksa dana, Anda bisa mempertimbangkan investasi reksa dana dari Sequis Asset Management. Ada beberapa jenis reksa dana yang bisa dipilih di Sequis Asset Management, yaitu Reksa Dana Saham, Reksa Dana Campuran, Reksa Dana Pendapatan Tetap, dan Reksa Dana Pasar Uang. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses informasinya melalui www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id. Di dalam website tersebut Anda dapat mempelajari masing-masing produknya dan mencocokkan dengan profil risiko Anda.

Butuh bantuan ?