Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ini Kiat Investasi untuk Kamu yang Baru Lulus Kuliah

9 Oktober 2023



Investasi bisa dilakukan oleh setiap orang. Termasuk oleh seseorang yang baru lulus kuliah atau baru mulai bekerja. Dengan modal yang mungkin belum besar, mereka dapat berinvestasi di logam mulia atau reksa dana yang hanya membutuhkan modal Rp100 ribu hingga Rp1 juta.

Baca Juga: Biaya Kuliah Lebih Tinggi dari Kenaikan Gaji, Bagaimana?

Sebagai panduan, berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi acuan para fresh graduate untuk mulai berinvestasi.

Mulai Saja dengan Langkah Kecil
Investasi sebaiknya dilakukan sejak muda.  Lulus kuliah bisa menjadi momen yang tepat bagi Anda untuk memulai investasi sejak dini. Dengan harapan, tujuan finansial sudah tercapai sebelum Anda memasuki usia pensiun. Sebagai awalan, silakan meraba-raba dunia investasi dengan menanamkan modal yang kecil. Salah satu instrumen investasi yang dapat dilakukan bujet Rp100 ribu adalah reksa dana.

Baca Juga: Wujudkan Asa Kuliah di Universitas Terbaik di Korea Selatan

Memahami Potensi Risiko yang Dapat Terjadi dengan Jelas
Pahami potensi risiko dari tiap instrumen investasi. Jangan berinvestasi secara asal atau karena ‘ikut-ikutan’ teman serta tetangga. Tanpa riset yang baik, Anda bisa terjebak di investasi bodong yang saat ini sedang marak.

Baca Juga: Universitas Terbaik Luar Negeri & Cara Menyiapkan Dananya

Jadi Investor yang Bijaksana
Gejolak emosi kawula muda jangan sampai membuat Anda tamak ketika berinvestasi. Bagi investor pasar modal, ada baiknya melepas saham yang dimiliki ketika dikira-kira sudah mendapat keuntungan. Sebab investasi di pasar modal sangat fluktuatif. Dalam waktu singkat, harga saham yang sedang naik bisa mendadak turun bila ada sentimen buruk di emiten terkait.

Butuh bantuan ?