Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis Asuransi untuk Lansia

11 Desember 2023



Setiap manusia akan tua pada waktunya. Saat tua, kondisi kesehatan seseorang berpotensi menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Untuk mengantisipasi hal itu, orang tua sebaiknya sudah dibekali oleh asuransi kesehatan sebelum masuk masa lansia. Lalu, jenis asuransi apa saja yang bisa dimanfaatkan oleh lansia? 

1.    Asuransi Jiwa
Jenis asuransi ini memberikan santunan meninggal dunia kepada ahli waris yang ditinggalkan. Berikut ini manfaat yang bisa didapat dengan memiliki asuransi jiwa untuk lansia. 
-    Meminimalkan risiko tidak terduga
-    Menjamin finansial keluarga melalui uang pertanggungan (UP) yang dapat membantu meringankan beban keluarga selepas kepala keluarga tutup usia
-    
-    UP bisa digunakan sebagai dana pensiun atau menambah uang pensiun di usia tua 
-    UP bisa dijadikan warisan tambahan untuk keluarga untuk melanjutkan hidup

2.    Asuransi Kesehatan 
Memberikan jaminan atas biaya pembedahan dan rawat inap di rumah sakit. Jenis asuransi ini akan menanggung biaya perawatan kesehatan yang diperlukan sesuai dengan pertanggungan pada polis asuransi kesehatan yang dimiliki. Dengan adanya perlindungan ini, orang tua bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang layak serta tidak terganggu oleh biaya medis. 

3.    Asuransi Penyakit Kritis 
Pada umumnya, jenis asuransi penyakit kritis akan memberikan santunan berupa uang tunai saat nasabah terdiagnosis salah satu dari beberapa penyakit kritis yang ditanggung oleh polis. Namun ada juga asuransi penyakit kritis yang menanggung biaya perawatan kesehatan.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Cover Covid-19
Rekomendasi Asuransi Kesehatan Cover Penyakit Kritis
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Apa itu Premi Asuransi Kesehatan?
Rekomendasi Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Lengkap

Mencari asuransi memang tidak mudah. Ada hal-hal yang harus diperhatikan berikut ini: 

1.    Sesuaikan dengan kebutuhan 
Orang tua yang sudah masuk masa pensiun, biasanya sudah tidak lagi menanggung hidup anak-anak yang sudah mandiri. Jadi, asuransi jiwa menjadi kurang prioritas untuk orang tua yang sudah mau masuk tahapan lansia. Alihkan bujet ke asuransi kesehatan. Karena orang tua memiliki risiko kesehatan yang tinggi. Jadi dengan memiliki asuransi kesehatan maka orang tua bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang layak tanpa harus ada kesulitan dana. 

Karena orang tua memiliki risiko terserang penyakit lebih tinggi, pilihan asuransi tambahan untuk proteksi penyakit kritis juga bisa dipilih. Misalnya, proteksi untuk penyakit kanker, jantung, dan penyakit kritis lainnya. 

2.    Sesuaikan dengan bujet
Sesuaikan produk yang ingin dibeli dengan kemampuan finansial. Idealnya, seseorang bisa menyisihkan atau mengalokasikan bujet untuk asuransi orang tua sebesar 10 persen dari pendapatan.

 3.    Pastikan asuransi masih menanggung usia orang tua 
Cari tahu apakah usia orang tua Anda masih masuk dalam rentang kriteria batas usia pertanggungan. Pilih yang memberikan rentang usia pertanggungan yang paling lama. 

4.    Cari produk dengan ketentuan Pre-Existing Condition (PEC) Singkat 
Ini penting dilakukan, cari ketentuan periode eliminasi singkat, yaitu jangka waktu perlindungan asuransi mulai berlaku dan bisa diklaim. Pada beberapa produk, penyakit yang sudah diderita sebelumnya (PEC) bisa dihapuskan asal sudah ada vonis dari dokter bahwa penyakit tersebut sudah sembuh. Jadi bila seseorang menderita penyakit jantung dan sudah dinyatakan sembuh, dan asuransi memiliki jangka waktu eliminasi dua tahun maka seseorang tersebut bisa mengklaim biaya perawatan atas penyakit jantung dua tahun kemudian. Hal ini tentu lebih baik daripada tidak ada asuransi sama sekali ketika nantinya penyakit tersebut kambuh. 

5.    Sistem cashless 
Jenis asuransi yang memiliki sistem ini lebih banyak memberikan keuntungan. Dengan metode ini pemegang polis tidak perlu membayar kepada pihak rumah sakit. Cukup dengan menunjukkan kartu kepesertaan asuransi kepada petugas maka tertanggung sudah bisa mendapatkan perawatan kesehatan. Selain itu, belilah produk asuransi melalui perusahaan asuransi yang sudah memiliki jaringan rekanan rumah sakit yang luas, seperti PT Asuransi Jiwa Sequis Life. 

Sudah jelas bukan mengenai jenis asuransi dan tips mencari asuransi untuk lansia? Segera cari tahu produk-produk asuransinya melalui sequis.co.id. Bila ada pertanyaan, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com. setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?