Mengenal Ragam Motif Batik Nusantara

4 Oktober 2017



Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, namun tahukah Anda bahwa batik tidak hanya berasal dari Pulau Jawa saja? Motif batik yang beragam tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Yuk kenali beberapa motif batik nusantara mulai dari daerah timur hingga daerah barat Indonesia.


Motif Batik Aceh

Karakteristik yang terdapat pada batik Aceh adalah penggunaannya yang memadukan antara unsur alam serta budaya milik daerah Aceh tersebut. Terkait perkara warna, batik Aceh lebih condong dan cenderung menggunakan warna cerah.

Keberaniaan mengolah warna tersebutlah yang membuat batik berkesan glamor serta khas. Selain itu, Aceh termasuk daerah yang di dalamnya terdapat pengaruh ajaran Islam yang sangat kental. Maka amat jarang jika kita menjumpai masyarakat Aceh yang menggunakan motif hewan, karena hal tersebut adalah larangan yang ada pada agama Islam.


Motif Batik Cirebon


Batik Cirebon memiliki 2 kategori desain, yaitu desain keraton dan juga motif pesisiran. Desain keraton diambil dari ornamen-ornamen keraton dan warnanya cenderung warna sogan dan babar mas. Sementara desain pesisiran mengandung unsur flora serta fauna, entah dari darat ataupun dari laut, serta memiliki warna yang agak terang.

Motif batik Cirebon yang paling terkenal dan juga dijadikan sebagai lambang kota tersebut yaitu motif Awan Mega Mendung. Desain tersebut sebagian besar terpengaruh dari budaya China yang tumbuh di Indonesia.


Motif Batik Papua


Karakteristik unik Papua yakni gabungan warna cerah dengan desain etnik pulau yang asimetris. Kombinasi tersebut membuat batik Papua tampak eksotis. Sebagian besar desain batik Papua menampilkan elemen alam dan budaya orang Papua.

Desain hewan yang biasa dipakai adalah burung cendrawasih, cicak, kadal, serta buaya. Biasanya motif-motif yang sifatnya natural ditambah dengan warna-warna yang cukup beragam membuat batik Papua bertambah khas dan memesona.
(Sumber: hidupsimpel.com).

Untuk Anda pecinta batik, lengkapi koleksi batik Anda dengan berkunjung ke beberapa tempat referensi berikut untuk berbelanja batik:
1. Kampung Batik Ngasem, Yogyakarta
2. Kawasan Batik Trusmi, Cirebon
3. Kampung Batik Cigadug, Bandung
4. Pasar Klewer, Solo

Selamat berburu batik!

Butuh bantuan ?