Tips Menjadi Smart Shopper

13 Desember 2017



Tuntutan memenuhi kebutuhan mendorong orang untuk melakukan aktivitas berbelanja. Idealnya, daftar kebutuhan yang perlu dibeli sudah diketahui dan dicatat sehingga dapat diprediksi besarnya pengeluaran. Namun seringkali saat berbelanja selalu saja terdapat pembelian barang-barang yang tidak tercantum dalam daftar dan membuat pengeluaran melebihi dana yang telah disediakan. Ditambah promo diskon yang menggoda hasrat membeli padahal bisa jadi barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan.

Spontanitas yang terjadi selama berbelanja dapat mengacaukan prioritas finansial dan mengganggu arus kas bulanan. Agar aktivitas berbelanja tidak menimbulkan masalah, simak tips menjadi smart shopper berikut:

  • Biasakan selalu membuat daftar belanja

Sebelum Anda berbelanja, biasakan untuk membuat daftar belanja terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda telah memastikan daftar prioritas kebutuhan barang yang memang benar-benar Anda butuhkan. Setelah itu, latih diri untuk disiplin terhadap daftar belanja yang telah dibuat. Sebisa mungkin jangan menyentuh barang yang tidak ada dalam daftar belanja karena ada kecenderungan barang tersebut akan dibeli pada akhirnya tanpa Anda sadari.

  • Membayar dengan uang tunai

Jumlah uang tunai yang tersimpan di dompet biasanya terbatas. Ketika muncul dorongan membeli sesuatu di luar rencana, bayarlah dengan uang tunai. Terbatasnya jumlah uang tunai, mendorong kebutuhan seseorang untuk menarik uang lagi di ATM. Adanya usaha tambahan ini dapat mengurungkan keinginan berbelanja karena malas mencari ATM. Hindari penggunaan kartu debit atau kredit jika tidak benar-benar dibutuhkan atau terpaksa. Membayar dengan kartu debit atau kredit dapat menimbulkan kesan jumlah uang yang dimiliki berlebih dari keadaan yang sebenarnya sehingga tidak ragu untuk membelanjakannya.

  • Berlangganan newsletter

Banyak toko atau brand yang kini menerbitkan newsletter online untuk dibagikan kepada pelanggannya secara berkala. Melalui newsletter, pelanggan dapat memperoleh informasi tentang koleksi barang terbaru, promosi diskon, pengumpulan poin, hingga keuntungan berbelanja dengan kartu kredit tertentu. Dengan berlangganan newsletter, kita dapat lebih cermat berbelanja dan memperoleh keuntungan.

  • Alihkan niat belanja dengan berinvestasi

Anda tentu punya niatan untuk berbelanja barang yang betul-betul Anda impikan dan dambakan. Namun daripada memenuhi hasrat semata demi mendapatkan sebuah barang impian, lebih baik gunakan uang yang ada untuk berinvestasi. Dengan berinvestasi, Anda malah bisa mendapatkan keuntungan lebih dari dana yang Anda miliki untuk jangka panjang dan bisa membeli lebih banyak barang impian. Sebagai pemula, Anda bisa mencoba berinvestasi di reksa dana karena modalnya sedikit dan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi. Sequis Asset Management bisa jadi salah satu pilihan investasi Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda dapat langsung mengunjungi laman resminya dengan mengklik di sini.

Bagaimana dengan Anda? Punya tips jitu lain untuk menjadi smart shopper?

Butuh bantuan ?