Investasi Reksa Dana untuk Menyiapkan Dana Pendidikan


Ada banyak jenis investasi yang bisa digunakan sebagai ajang menyiapkan dana pendidikan anak Anda


Sebagian masyarakat memilih untuk mengumpulkan dana pendidikan dengan cara menabung. Cara tersebut tidak disalahkan, namun apakah sudah tepat? 

Beberapa pakar perencana keuangan menyarankan agar orang tua menabung sekaligus berinvestasi agar dana pendidikan anak terkumpul. Ada banyak jenis investasi yang bisa digunakan sebagai ajang menyiapkan dana pendidikan anak Anda. Masing-masing  investasi tentunya memiliki potensi imbal hasil yang berbeda tiap tahunnya. Keuntungan investasi bisa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan atau deposito. Namun, investasi memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan menabung.

Menyiapkan dana pendidikan juga bisa dilakukan dengan memiliki asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan merupakan produk asuransi dengan Anda sebagai pemilik polis yang diwajibkan membayar premi secara rutin dan uang pertanggungan (UP) nantinya akan digunakan sebagai jaminan biaya pendidikan anak.

Dalam praktiknya, uang pertanggungan (UP) asuransi pendidikan baru bisa digunakan setelah anak mencapai usia tertentu atau pada saat masuk sekolah dan naik tingkat ke jenjang yang lebih tinggi.

Reksa Dana untuk Menabung Dana Pendidikan
Adakah investasi reksa dana yang bagus untuk digunakan sebagai tabungan biaya pendidikan? Pertanyaan tersebut rasanya bakal muncul di benak para orang tua saat mengetahui potensi keuntungan yang ditawarkan reksa dana. 

Dana Pendidikan adalah kebutuhan jangka menengah hingga panjang. Setidaknya butuh waktu tiga tahun untuk menyiapkan dana Pendidikan anak. Misal, biaya masuk TK dan SD sudah dikumpulkan sejak anak masih bayi atau balita. Biaya SMP sudah dikumpulkan ketika anak masih SD, dan begitu seterusnya hingga anak masuk perguruan tinggi. 

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Pendidikan
Investasi untuk Dana Pendidikan Anak
Cara Agar Sukses Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
Jenis Instrumen Keuangan Untuk Menyiapkan Dana Pendidikan
Cara Klaim Dana Pendidikan di Perusahaan Asuransi

Dengan begitu, jenis investasi reksa dana yang cocok untuk kebutuhan dana pendidikan adalah reksa dana campuran dan saham. Kedua jenis ini cocok digunakan untuk tujuan investasi dengan periode antara 3, 10, hingga 15 tahun.

Selain sesuai dari segi jangka waktu, investasi reksa dana campuran dan saham juga dianggap paling menjanjikan dari sisi imbal hasil. Ini tentu selaras dengan biaya pendidikan yang trennya terus mengalami kenaikan. Hasil reksa dana campuran dan saham yang tinggi ini berasal dari strategi diversifikasi dan alokasi modal yang sebagian besarnya diarahkan ke portofolio saham dan obligasi. 

Segera temukan investasi reksa dana untuk menyiapkan biaya pendidikan buah hati di Sequis. Reksa dana campuran dan saham Sequis dikelola oleh PT Sequis Asset Management, Perusahaan Manager Investasi berpengalaman yang telah membantu banyak investor mencapai tujuan investasinya. Yuk, pelajari lebih dalam tentang produk investasi Sequis di sini.

Butuh bantuan ?