Investasi untuk Dana Pendidikan Anak


Persentase kenaikan dana pendidikan bisa lebih besar dari inflasi setiap tahunnya


Biaya pendidikan anak terus naik setiap tahun. Bahkan, persentase kenaikan dana pendidikan bisa lebih besar dari inflasi setiap tahunnya. Sehingga alangkah lebih baik bila orang tua menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini. 

Sebagian masyarakat memilih untuk mengumpulkan dana pendidikan dengan cara menabung. Cara tersebut tidak disalahkan, namun apakah sudah tepat? 

Beberapa pakar perencanaan keuangan menyarankan agar orang tua menabung sekaligus berinvestasi agar dana pendidikan anak terkumpul. Ada banyak jenis investasi yang bisa digunakan sebagai ajang menyiapkan dana pendidikan anak Anda. Masing-masing  investasi tentunya memiliki protensi imbal hasil yang berbeda tiap tahunnya. Keuntungan investasi bisa jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan atau deposito. Namun, investasi memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan dengan menabung. 

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Pendidikan Sequis
5 Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan dari Sekarang
Memilih Asuransi Pendidikan, Apa yang Harus Diperhatikan?

Banyak jenis investasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, seperti obligasi, emas, reksa dana, saham, atau properti. 

Menyiapkan dana pendidikan juga bisa dilakukan dengan memiliki asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan merupakan produk asuransi dengan Anda sebagai pemilik polis yang diwajibkan membayar premi secara rutin yang nantinya akan digunakan sebagai jaminan biaya pendidikan anak.

Dalam praktiknya, uang pertanggungan (UP) asuransi pendidikan baru bisa digunakan setelah anak mencapai usia tertentu atau pada saat masuk sekolah dan naik tingkat ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana

Uang pertanggungan (UP) dari asuransi pendidikan juga akan diberikan bila terjadi sesuatu kepada Anda (misal meninggal dunia) atau cacat tetap yang mengakibatkan kehilangan pekerjaan. Jadi, anak Anda berhak atas UP serta serta dana untuk biaya pendidikan tanpa ada keharusan membayar premi lanjutan.

Yuk, cari instrumen dana pendidikan serta asuransi pendidikan yang paling tepat dengan kebutuhan Anda di sini. Sequis memiliki pilihan asuransi dana pendidikan tradisional dan juga unit link yang dipadukan dengan unsur investasi. Informasi lebih lanjut dapat Anda tanyakan melalui Sequis Personal Assistant.

Baca Artikel Terkait

Tidak ada artikel terkait

Butuh bantuan ?