Merdeka Finansial Dengan 7 Tips Keuangan Anti Ribet

22 September 2021



Mengatur keuangan sebetulnya ‘susah-susah gampang’. Bila dilakukan secara disiplin, menabung Rp1.000 per hari bisa memberikan manfaat pada masa depan. Sebaliknya, bila tidak ada kemauan besar untuk mengatur keuangan, gaji besar sekalipun akan kesulitan menyisihkan untuk tabungan.

Berikut 7 tips jitu mengatur keuangan yang bisa Anda Coba.

1.    Buat Catatan Anggaran Bulanan 
Rencanakan anggaran bulanan Anda. Mulai dengan membuat daftar pengeluaran setiap bulan dan memisahkannya menjadi dua bagian. Pertama, daftar keuangan untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dll. Sedangkan untuk kebutuhan sekunder untuk hiburan seperti shopping, travelling, hingga membeli keperluan untuk hobi.

2.    Segera Bayar Semua Tagihan 
Bayar semua tagihan/cicilan setelah menerima gaji. Hal ini penting agar tidak mengganggu biaya kebutuhan lainnya. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu bisa membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3.    Gunakan Metode 50-30-20
Cara yang satu ini sangat sederhana. Setiap gaji atau penghasilan yang Anda terima setiap bulan dialokasikan sebesar 50% untuk biaya hidup sehari-hari. Selanjutnya, sisihkan 30% penghasilan untuk tabungan, dana darurat, asuransi, dan investasi. Sesuai namanya, dana darurat untuk keperluan darurat, misalnya biaya untuk servis motor yang rusak, memperbaiki atap rumah yang mendadak bocor, atau kejadian tak terduga lainnya. Lalu, sisa anggaran sebesar 20% dari gaji Anda bisa digunakan untuk hiburan, liburan, dan kebaikan (zakat/sedekah).

4.    Laporan Keuangan Harian 
Banyak orang yang meremehkan laporan keuangan harian. Padahal sesungguhnya hal ini sangat penting untuk bisa mengetahui ke mana uang mengalir. Salah satu caranya bisa dengan menyimpan struk belanja. Cara ini juga bisa menjadi ajang evaluasi. Nantinya, Anda bisa menganalisis barang-barang apa saja yang sebetulnya tidak perlu dibeli pada bulan berikutnya. 

Baca Juga
Cek Daftar Asuransi yang Cocok untuk Pasangan Baru Menikah
Ini Manfaat Reksa Dana untuk Pasangan Muda
Manfaat Menikah Secara Sederhana Selama Pandemi Covid-19

5.    Miliki Dua atau Lebih Rekening Bank
Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari Anda seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal yang harus Anda tabung dari gaji bulanan Anda.

6.    Uang Receh Juga Penting 
Jangan sepelekan uang receh. Simpanlah hasil kembalian dari warung, minimarket, dan hasil belanja lainnya. Siapkan wadah untuk menyimpan uang receh agar tidak berceceran. Nantinya uang receh ini akan terus bertambah dan bisa digunakan saat-saat darurat, terutama di tanggal tua saat dompet mulai menipis.

7.    Siapkan Dana Pensiun/Hari Tua
Tidak banyak orang yang memikirkan dana pensiun selagi mereka di usia produktif. Rata-rata mereka berpikir bahwa uang yang diperoleh hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang. Padahal mereka harus mempersiapkan dana atau tabungan pensiun. 

Menjaga keuangan agar tetap stabil memang terdengar mudah, tetapi realitanya tidak begitu. Butuh komitmen kuat untuk menjalankannya. Sebab tanpa komitmen, Anda akan mudah tergoda dengan berbagai halangan yang ada di depan mata sehingga dapat merusak rencana keuangan yang sudah disusun sedemikian rupa.

Butuh bantuan ?