Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik, Apa yang Harus Dicermati?

12 Januari 2022



Pandemi covid-19 memberikan efek buruk ke berbagai sektor industri. Pun menganggu keuangan rumah tangga. Tengok saja pemberitaan dalam satu tahun terakhir. Banyak masyarakat yang mengalami kesulitan keuangan akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau bisnis menjadi tersendat efek Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kini, masyakarat dituntut belajar dari perjalanan pandemi covid-19. Pandemi mengajarkan kita bahwa kesehatan mahal harganya. Selain itu, pengelolaan keuangan dan manajemen investasi yang baik di rumah tangga sangatlah penting selama pandemi saat ini.  Ada beragam instrumen perencanaan keuangan yang bisa Anda pilih. Salah satunya adalah asuransi jiwa.

Dalam praktiknya, asuransi jiwa akan menyelamatkan keuangan keluarga bila Anda sebagai pemberi nafkah utama mengalami cacat tetap atau meninggal sehingga tidak bisa melanjutkan bekerja serta memberikan nafkah. Nah, UP dari asuransi jiwa akan mengurangi kerugian yang ditimbulkan atas musibah tersebut. Alhasil, Anda dan keluarga masih bisa melanjutkan hidup tanpa utang.

Berikut ini beberapa tips memilih asuransi jiwa terbaik untuk Anda dan keluarga: 

Perhatikan tingkat RBC
RBC adalah indikator kesehatan perusahaan asuransi terbaik. Jika RBC di atas 120% sesuai ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maka perusahaan asuransi itu tergolong sehat dan tergolong perusahaan asuransi terbaik. Mengetahui tingkat RBC bisa dilihat pada laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan di situs perusahaan dan biasanya secara tahunan di publikasikan di media massa.

Terdaftar dan diawasi OJK
Dalam menjalankan fungsinya sebagai penyedia jasa keuangan, perusahaan asuransi tidak akan terlepas dari pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga harus diselidiki izinnya melalui OJK dengan  melacaknya di situs OJK atau dapat  langsung menghubungi OJK

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Kesehatan di Tengah Ancaman Omicron
Pernah Dengar Tentang Polis Asuransi Lapse, Apa Maksudnya?
Jenis Asuransi yang Cocok dan Direkomendasikan untuk Gen Z
Untuk Orang Tua, Ini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Anak
3 Asuransi yang Wajib Dimiliki Karyawan Swasta

Cakupan Perusahaan
Perusahaan asuransi terbaik akan memiliki cakupan luas dalam pelayanannya. Misalnya, sebaran kantor pemasaran, service center, dan rumah sakit rekanan. Sebaran yang luas akan mempermudah nasabah dalam memperoleh layanan asuransi dari perusahaan asuransi tersebut. Termasuk kebutuhan berobat ke luar negeri. Jika ada perusahaan asuransi mengaku sebagai perusahaan asuransi terbaik, pastinya salah satu ukurannya adalah memiliki produk asuransi kesehatan yang mencakup pengobatan ke luar negeri. Ini dapat Anda pertimbangkan terutama yang biasa bepergian ke luar negeri.

Bandingkan dengan perusahaan asuransi lain
Demi terhindar dari penipuan yang sering terjadi maka kita harus waspada. Salah satu caranya adalah membandingkan informasi yang sudah Anda ketahui dari perusahaan asuransi yang Anda pilih dengan yang ada di perusahaan asuransi lain. Misalnya, manfaat produknya atau reputasinya. Dengan melakukan survey sendiri, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi untuk membantu Anda menentukan pilihan dan menjadi yakin bahwa bahwa perusahaan asuransi yang pertama kali Anda pilih adalah perusahaan asuransi terbaik atau sebaliknya paling tidak cocok untuk Anda. 
  
Sequis merupakan salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan produk Asuransi Jiwa Terbaik dengan beragam manfaat dan harga premi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan. Jangan ragu menghubungi Sequis Personal Assistant dengan berkunjung ke www.sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?