Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Berkarier Sebagai Aktuaris

3 Oktober 2023



Apakah Anda pernah mendengar profesi Aktuaris (Actuary)? Aktuaris merupakan profesi dengan job desk menganalisis data yang berkaitan dengan potensi keuntungan dan biaya finansial dari risiko ketidakpastian. Mereka bertugas membantu bisnis perusahaan agar dapat mengembangkakan kebijakan dan prospek masa depan. Dalam melakukan analisis, para aktuaris akan menggunakan teori matematika, statistik, dan keuangan. Sebuah profesi yang sangat diperlukan di industri asuransi.

Bagi Anda jurusan matematika atau statistik, profesi aktuaris layak dipertimbangkan. Apalagi, jumlah aktuaris di Indonesia masih terbilang minim sehingga peluang di karier ini cukup tinggi.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Sequis Life, Yuk Gabung!

Bila memiliki potensi dan minat menjadi aktuaris, Anda perlu mempersiapkan diri secara akademis, yakni menempuh strata 1 untuk dapat memperoleh gelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr) dan pendidikan keprofesian yang diadakan oleh Persatuan Aktuaria Indonesia (PAI) untuk menempuh ujian sertifikasi.  Menjadi aktuaris di Indonesia ada dua gelar, yakni Fellow of the Society of Actuaries of Indonesia (FSAI) dan Associate of the Society of Actuaries of Indonesia (ASAI).

Baca Juga: Gabung Jadi Agen Asuransi Sequis

Aktuaris yang berkualitas memiliki peran sangat penting dalam industri asuransi dan keuangan. Tak heran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53 Tahun 2012 mewajibkan perusahaan asuransi memiliki minimal satu orang aktuaris.. Semakin banyak jumlah perusahaan asuransi dan keuangan yang bermunculan, semakin banyak tenaga aktuaris yang dibutuhkan.

Sebagai gambaran, jumlah perusahaan asuransi di Indonesia ada sekitar 151 hingga Juni 2022. Jumlah itu terdiri dari perusahaan asuransi jiwa, asuransi umum, reasuransi, asuransi sosial (BPJS) dan Asuransi ASN, TNI/POLRI, serta perusahaan asuransik Kecelakaan Penumpang Umum dan Lalu Lintas Jalan.

Berminat menjadi aktuaris? Silakan cek informasi lowongan kerja sebagai aktuaris di PT Asuransi Jiwa Sequis Life dengan klik tautan berikut ini: KARIER SEQUIS

Butuh bantuan ?