Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bagaimana Cara Jitu Menyiapkan Dana Pendidikan Anak?



Ada biaya yang harus disiapkan orang tua bila ingin menyekolahkan anak di sekolah terbaik. Itu berlaku untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi. Jadi bila memang ingin melihat anak berada di sekolah terbaik, orang tua wajib menyiapkan dana pendidikan sejak dini. 

Beragam cara dilakukan orang tua agar anak bisa masuk sekolah terbaik dengan fasilitas mumpuni. Nah, sebagian orang tua ada yang melakukannya dengan cara yang salah, yakni berutang, menggunakan uang tabungan, hingga menjual aset. Situasi ini yang harus dihindari oleh para orang tua yang baru saja memiliki anak. 

Menyiapkan dana pendidikan perlu perhitungan matang. Inflasi harus menjadi salah satu faktor yang wajib diperhitungkan. Sebab, inflasi akan mempengaruhi besaran dana pendidikan yang harus Anda siapkan pada masa depan. 

Selain itu, jumlah uang yang harus disisihkan tentu berbeda di setiap jenjang pendidikan dan pilihan sekolah. Anda perlu melakukan survei dan mendata secara detail setiap biaya yang kira-kira akan menjadi pengeluaran dana pendidikan. Termasuk juga yang harus dihitung adalah kebutuhan alat tulis, perlengkapan bersekolah, transportasi yang akan digunakan untuk bersekolah hingga kebutuhan untuk kursus atau les demi menunjang kemampuan anak.

Baca Juga
Investasi Reksa Dana untuk Menyiapkan Dana Pendidikan
Cara Klaim Dana Pendidikan di Perusahaan Asuransi
Kiat Sukses Menyiapkan Dana Pendidikan Anak
Bingung Klaim Dana Pendidikan? Ini Caranya!
Berapa Persen dari Penghasilan untuk Dana Pendidikan Anak?

Setelah memprediksi dana pendidikan yang akan dibutuhkan dan besaran uang yang harus disisihkan, langkah berikutnya yang direkomendasikan adalah menentukan instrumen menyimpan uang. Sebaiknya jangan hanya mengandalkan tabungan karena nilai tabungan akan tergerus oleh kenaikan inflasi. Anda bisa memilih instrumen investasi mulai dari deposito, reksa dana, saham, hingga emas. 

Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan pendapatan, kemampuan menyisihkan dana secara tetap, dan kebutuhan dana pendidikan anak pada masa mendatang karena Anda akan melakukannya dalam jangka panjang.  Namun terlepas dari jenis investasi yang Anda pilih, usahakan untuk melengkapinya dengan asuransi pendidikan. Di asuransi pendidikan juga ada nilai tunai yang dapat digunakan sebagai dana pendidikan anak. Ada pula Uang Pertanggungan yang akan cair bila orang tua mengalami musibah atau meninggal dunia Nah, Uang Pertanggungan tersebut bisa digunakan untuk membayarkan uang dan kebutuhan sekolah anak. 

Bila ingin mencari tahu lebih banyak tentang asuransi pendidikan anak terbaik, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant di https://www.sequis.co.id. Tersedia pula layanan Sequis care di nomor Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Wujudkan masa depan cemerlang buah hati dengan mempersiapkan dana pendidikannya bersama Sequis!

Butuh bantuan ?