Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Berobat di Luar Negeri

20 April 2023



Dokter dan tenaga medis yang mumpuni dan handal di Indonesia sangat banyak. Jumlah rumah sakit bertaraf internasional juga tidak sedikit. Namun, hal itu tetap tidak mengurangi keinginan sejumlah kalangan di Indonesia untuk mendapatkan pengobatan serta perawatan kesehatan di rumah sakit yang berada di luar negeri.

Salah satu dari anggota keluarga atau kerabat yang Anda kenal juga punya niat berobat di luar negeri? Agar pengobatan lancar, yuk bantu mereka menyiapkan beberapa hal ini terlebih dahulu:

1. Cari Informasi
Pastikan keluarga/calon pasien sudah punya surat rujukan dari rumah sakit di Indonesia serta informasi secara detail terkait fasilitas kesehatan dan dokter yang ingin dituju. Terutama terkait jadwal praktik dokter yang ingin dijumpai. Lazimnya, informasi mengenai fasilitas dan dokter bisa dilihat di situs resmi rumah sakit.

2. Siapkan Dana Tidak Terduga
Bila memungkinkan, tak ada salahnya singgung ke keluarga pasien mengenai ketersediaan dana darurat. Nantinya, dana darurat bakal dibutuhkan oleh keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bila pasien harus dirawat lebih lama dari yang diperkirakan.

Selain dana darurat, tanyakan mengenai kelengkapan dokumen seperti paspor, visa (untuk negara tujuan yang memerlukan pengajuan visa), rekam medis terakhir, serta surat rujukan dokter dari Indonesia. Dokumen kesehatan itu juga diperlukan ketika pemeriksaan di imigrasi negara tujuan serta sebagai pemberitahuan ke maskapai penerbangan.

Baca Juga
Jenis Asuransi yang Cocok dan Direkomendasikan untuk Gen Z
Sindrom Ramsay Hunt, Ada Asuransi Kesehatan yang Proteksi?
Nasabah Sequis Telah Merasakan Manfaat SQIMC Rider X Booster
Hanya Punya BPJS? Bayar Penyakit Ini dengan Uang Pribadi
Bukti Komitmen Sequis Agar Nasabah Dapat Proteksi Optimal

3. Cek Layanan Asuransi Kesehatan
Pastikan keluarga sudah membawa kartu asuransi kesehatan pasien. Sebab, beberapa polis Asuransi Kesehatan dari Indonesia sudah punya fasilitas cashless dan bisa menanggung biaya berobat di luar negeri. Namun sebelum berangkat, minta kepada keluarga pasien untuk melakukan konfirmasi ke Tenaga Pemasar atau ke pusat layanan perusahaan asuransi mengenai pertanggungan dan prosedur klaim asuransi saat berobat di luar negeri.

Nasabah bisa menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit yang berada di luar negeri bila memiliki Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC) Series. SQIMC juga memiliki jangkauan wilayah pertanggungan yang cukup luas, di antaranya di Indonesia, Asia, hingga seluruh dunia (termasuk Amerika Serikat).

Agar bisa mendapatkan manfaat optimal dari SQIMC, pastikan keluarga/pasien sudah memerhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu:  
1. Pastikan polis masih aktif.
2. Khusus untuk claim cashless, pilih rumah sakit di luar negeri yang bekerja sama dengan SQIMC

Butuh bantuan ?