Potensi Cuan, Lirik Investasi Ini untuk Dana Pendidikan Anak

23 April 2021


Setiap orang tua sudah pasti menginginkan anaknya mengenyam pendidikan terbaik dari bangku sekolah dasar hingga kuliah


Setiap orang tua sudah pasti menginginkan anaknya mengenyam pendidikan terbaik dari bangku sekolah dasar hingga kuliah. Sebuah keinginan besar yang tentunya dibarengi dengan ketersediaan dana yang besar pula.

Lantaran biaya pendidikan yang terus meningkat setiap tahun, orang tua wajib menyiapkan dananya sejak dini. Dengan begitu, ayah dan ibu tidak kelimpungan ketika anak sudah harus daftar sekolah atau perguruan tinggi. 

Baca Juga
5 Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan dari Sekarang
Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan Terbaik

Menabung bukan satu-satunya saranya untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Bila para orang tua jeli, ada banyak instrumen keuangan yang bisa diandalkan untuk jangka panjang. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Properti
Investasi properti bisa dengan membeli rumah, ruko, atau tanah. Properti salah satu instrumen investasi yang direkomendasikan karena menurut Kompas.com, harganya punya potensi naik sebesar 10-15 persen per tahun. Angka ini sudah cukup untuk 'melawan' kenaikan biaya pendidikan yang mencapai 10 persen per tahun versi data Badan Pusat Statistik (BPS).

2. Emas
Emas sering dipilih sebagai investasi jangka panjang. Sebab, emas memiliki nilai harga yang cenderung stabil, bahkan cenderung naik tiap tahun. Bukan tidak mungkin pula harganya akan melonjak tajam  pada saat-saat tertentu. Kalau pun tidak ada lonjakan besar, harga emas diprediksi akan terus mengalami kenaikan. Selain itu, emas mudah untuk dijual kembali saat kebutuhan mendesak. 

3. Reksa Dana
Anda bisa memilih reksa dana saham, pendapatan tetap, atau pasar uang. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat risiko yang sanggup Anda terima. Reksa dana pasar uang cocok bagi investor pemula karena tingkat risiko paling rendah. Sedangkan reksa dana saham lebih sesuai untuk investor dengan profil risiko tinggi. Nantinya, Manajer Investasi akan membantu Anda mengelola berbagai instrumen investasi dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan profil risiko Anda.   

Selain melalui instrumen investasi, dana pendidikan anak juga bisa disiapkan melalui produk asuransi pendidikan. Secara umum, asuransi pendidikan terbaik berfungsi untuk menjamin biaya pendidikan tertanggung (anak) hingga mereka menyelesaikan pendidikan. 

Prosedurnya, orang tua sebagai nasabah harus membayar premi sesuai sesuai dengan kesepakatan. Lalu, ketika anak (sebagai tertanggung) memasuki jenjang pendidikan tertentu, nasabah bisa mencairkan dana sejumlah ketentuan polis asuransi pendidikan yang dipilih.

Yuk, cari instrumen asuransi pendidikan yang paling tepat dengan kebutuhan Anda di sini. Sequis memiliki pilihan asuransi dana pendidikan tradisional dan juga yang dipadukan dengan unsur investasi. Informasi lebih lanjut dapat Anda tanyakan melalui Sequis Personal Assistant di www.sequis.co.id

Butuh bantuan ?