Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jangan Sampai Terjebak Mitos Soal Pensiun

6 November 2023



Masa pensiun adalah tahapan yang akan dilalui oleh hampir semua pekerja. Ada yang menantikan karena sudah ingin beristirahat dan menikmati masa tua. Ada juga yang khawatir karena tidak siap menjalani hidup tanpa pemasukan tetap.

Berikut adalah beberapa mitos soal pensiun yang sering dikhawatirkan, perlu kita ketahui agar dapat segera mencari solusinya sebelum terjadi.

Baca Juga: Memutus Rantai Sandwich Generation dan Pensiun dengan Nyaman

MITOS 1:  Usia masih muda, belum saatnya belum memikirkan pensiun
Ada beberapa orang yang merasa dana pensiun cukup dipersiapkan sebelum pensiun tiba. Ini mitos yang salah. Justru, dana pensiun harus disiapkan sejak kita masih muda. Dengan begitu, jumlah uang yang dikumpulkan cukup untuk memenuhi kebutuhan saat masa pensiun dan tidak memiliki pendapatan tetap. Gaji yang Anda dapat saat masa produktif sebaiknya dialokasikan ke tabungan, asuransi, dana darurat, dan investasi sehingga dana dapat berlipat ganda seiring waktu.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?

MITOS 2:  Pensiun tidak memerlukan banyak dana
Banyak yang berpikir saat pensiun tidak akan banyak pengeluaran dan bisa hidup sederhana. Faktanya biaya hidup terus naik dan pendapatan belum tentu cukup memenuhi kebutuhan sekarang apalagi masa depan. Di sisi lain saat usia semakin menua maka kesehatan semakin menurun dan tidak punya cukup uang untuk menanggung perawatan kesehatan. Untuk itu, selagi muda jangan berfoya-foya agar Anda terbiasa memiliki standar hidup sederhana dan segeralah melatih diri menyisihkan pendapatan untuk tabungan, dana darurat, asuransi, dan investasi agar saat tua pun hidup Anda tetap berkualitas.

Baca Juga: Kenapa Asuransi Dana Pensiun Penting? Ketahui Manfaatnya

MITOS 3:  Aset properti bisa memenuhi kebutuhan dana pensiun
Banyak orang berpikir properti yang dimiliki sekarang cukup memenuhi dana pensiun. Padahal, belum tentu penjualan aset properti dapat menutupi kebutuhan masa pensiun. Hal ini karena tidak ada jaminan nilai properti pasti akan berlipat ganda pada masa mendatang karena tergantung situasi alam dan ekonomi pada masa depan. Rencanakan masa pensiun sejak usia produktif agar tidak mengorbankan aset properti.

Jika Anda membutuhkan perencana keuangan untuk membantu Anda mengatur finansial dan menyiapkan asuransi, hubungi kami melalui Find Agent di SEQUIS FIND AGENT. Agen asuransi Sequis siap membantu Anda memberikan solusi perencanaan dana hari tua yang tepat untuk Anda dan keluarga.

Butuh bantuan ?