Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis Investasi yang Layak Dimiliki Saat Resesi

16 November 2023



Resesi 2023 memang pantas membuat semua orang khawatir. Termasuk masyarakat yang terbiasa menyisihkan sebagian pendapatannya untuk investasi. Sebab, resesi 2023 bakal memengaruhi performa sejumlah instrumen investasi ke posisi ‘koreksi’. Meski begitu, bukan berarti aktivitas investasi harus berhenti. Investasi tetap bergulir dengan syarat harus tetap selektif dalam memilih jenis investasi yang tepat.

Untuk sementara waktu, pilih instrumen investasi minim risiko atau setidaknya yang tetap bisa memberikan cuan walau kondisi ekonomi global sedang terpuruk. Berikut ini beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih.  

1.    Saham
Selama kita bisa memilih saham yang tepat, tentu investasi saham masih menjadi pilihan yang menarik. Agar investasi saham yang dipilih menghasilkan return yang optimal, pilih emiten dengan fundamental yang kuat. Perhatikan laporan keuangan di bagian laba rugi dan kewajiban jangka panjang perusahaan. Serta pilih sektor bisnis yang tidak terkena dampak langsung covid-19 dan resesi.

Baca Juga
4 Langkah Antisipasi Menghadapi Resesi 2023
Ada Ancaman Resesi, Cari Cara Agar Tetap Sehat dan Bahagia
Cara Ampuh Menyehatkan Keuangan Selama Resesi
Ada Ancaman Resesi, Perlukah Menggelar Pernikahan Sederhana?
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?

2.    Emas
Emas menjadi jenis investasi yang menarik karena nilainya cenderung naik. Keuntungan jenis investasi ini adalah mudah dicairkan. Misalnya Anda memiliki keperluan mendesak, emas tersebut bisa dijual. Harga emas biasanya cenderung meningkat. Sedangkan persentase penurunan biasanya tidak terlalu signifikan. Anda harus jeli dan memastikan emas yang Anda beli memiliki sertifikat keaslian dari lembaga tepercaya.

3.    Obligasi
Jenis investasi yang kini jadi pilihan karena relatif aman, terutama untuk jenis obligasi pemerintah (government bonds) dalam bantuk Surat Berharga Negara (SBN). Investasi ini aman karena pemerinta menjamin pengembalian 100 persen dana kepada para investor.

4.    Reksa dana
Reksa dana adalah salah satu jenis investasi diyakini tahan banting menghadapi resesi. Dalam praktiknya, dana investasi Anda akan dikelola oleh manajer investasi dan melaporkannya secara periodik kepada Anda. Ada 4 jenis reksa dana yang bisa Anda manfaatkan untuk menabung yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Butuh bantuan ?